direksi BARU @bnii … 01 Oktober 2013_250415_050317

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Komisaris Maybank Indonesia dan Chairman of Maybank Group, Tan Sri Dato’ Megat Zaharuddin bin Megat Mohd Nor, akan pengunduran diri pada 31 Maret 2017. Tan Sri Megat telah tujuh tahun menjabat sebagai Presiden Komisaris di Bank Maybank Indonesia.

Tan Sri Megat mengatakan, sebuah kehormatan bagi diriya bisa mendapat kesempatan menjabat posisi Presiden Komisaris sejak Januari 2010. Selama dirinya menduduki posisi tersebut, banyak perubahan yang terjadi di Maybank Indonesia.

“Seperti perubahan operating landscape yang cepat dimana layanan dan inovasi yang berbeda akan menjadi faktor utama kesuksesan,” jelas dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (3/3/2017).

Tan Sri Megat mengatakan, nama pengganti dirinya akan segera diumumkan setelah mendapat persetujuan dari regulator.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria mengatakan dewan komisaris dan manajemen sangat berterima kasih kepada Tan Sri Megat atas kepemimpinannya yang kuat di Maybank, terutama selama tujuh tahun terakhir.

“Beliau adalah seorang pemimpin yang selalu memberikan inspirasi dan senantiasa memacu kami untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi lagi,” jelas dia.

Taswin menambahkan, Tan Sri Megat telah memberikan bimbingan yang sangat berharga kepada Manjemen Maybank Indonesia dalam memperkuat fundamentals dan kapabilitas organisasi sehingga dapat membukukan kinerja yang sangat baik pada 2016.

“Beliau sangat berperan dalam menyukseskan inisiatif rebranding Maybank Indonesia, yang semakin memperkokoh posisi kami sebagai Bank dengan brand yang kuat di industri.” tutur dia.

Untuk diketahui, Tan Sri Megat membangun 31 tahun karier yang luar biasa di bidang minyak dan gas bersama Royal Dutch Shell Group of Companies dan jabatan beliau adalah Regional Business Chief Executive Officer dan Managing Director, Shell Exploration and Production B.V. sebelum pensiun pada awal 2004.

Tan Sri Megat juga menjabat sebagai Chairman Maxis Communications Berhad dari Januari 2004 hingga November 2007, Etiqa Insurance & Takaful dari Januari 2006 hingga Februari 2009, Malaysian Rubber Board dari Februari 2009 hingga Mei 2010.

Selanjutnya, Tan Sri Megas berlabuh di Maybank Investment Bank Berhad dari Januari 2010 hingga Maret 2016, PADU (Education Performance and Delivery Unit) dari Agustus 2013 hingga September 2016, Direktur Capital Market Development Fund dari Januari 2004 hingga 2010 dan Direktur Woodside Petroleum Ltd, perusahaan terbuka yang tercatat di Australian Securities Exchange, dari Desember 2007 hingga April 2011. (Fik/Gdn)

lol

JAKARTA. PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BNII) menunjuk direksi baru pada Rapat Umum Pemegang Saham Terbatas (RUPTS). Taswin Zakaria, Presiden Direktur BII, mengatakan, pemegang saham pada RUPST menyetujui untuk mengangkat Eri Budiono sebagai direksi baru.

Eri adalah orang internal BII yang mengawali karir di ABN AMRO Bank pada 1993 sebagai Account Relationship Manager. Eri memiliki pengalaman selama 21 tahun di bidang Banking dan Investment di industri perbankan dan menyandang gelar Bachelor of Business Banking and Finance dari Monash University, Australia.

Selain itu, RUPST menerima pengunduran diri Direktur Sumber Daya Manusia, Ani Pangestu yang merupakan Direktur Independen, dan menyetujui untuk mengangkat Dhien Tjahajani Direktur Independen guna memenuhi Peraturan Bursa Efek Indonesia No. I-A Tahun 2014.

RUPST secara lengkap menyetujui untuk mengangkat kembali anggota Dewan Komisaris Perseroan dan Direksi di antaranya :

Dewan Komisaris
1. Tan Sri Dato’ Megat Zaharuddin bin Megat Mohd Nor – Presiden Komisaris
2. Datuk Abdul Farid Bin Alias – Komisaris
3. Spencer Lee Tien Chye – Komisaris
4. Umar Juoro – Komisaris Independen
5. Budhi Dyah Sitawati – Komisaris Independen
6. Achjar Iljas – Komisaris Independen

Direksi
1. Taswin Zakaria – Presiden Direktur
2. Thilagavathy Nadason – Direktur
3. Ghazali bin Mohd Rasad – Direktur
4. Jenny Wiriyanto – Direktur
5. Lani Darmawan – Direktur
6. Dhien Tjahajani – Direktur
7. Henky Sulistyo – Direktur
8. Eri Budiono – Direktur

Editor: Sanny Cicilia

 

Taswin Zakaria Jadi Direktur Utama BII
Senin, 30 September 2013 | 19:36
investor daily
JAKARTA – Bank Internasional Indonesia dan Maybank mengumumkan penunjukan Komisaris Independen Taswin Zakaria sebagai direktur utama/CEO baru.

“PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII), anak perusahaan utama Grup Maybank, hari ini mengumumkan penunjukan Taswin Zakaria sebagai direktur utama. Penunjukan ini akan efektif setelah mendapat persetujuan dari regulator terkait dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa,” kata Presiden Komisaris BII Tan Sri Megat Zaharuddin Megat Mohd Nor melalui siaran pers di Jakarta, Senin (30/9).

Menurut Tan Sri Megat, dengan pengetahuan Taswin yang luas akan iklim bisnis di Indonesia, pengalaman di institusi keuangan internasional serta pengetahuan mendalam tentang operasional BII selama menjadi salah satu komisaris BII dalam sembilan tahun terakhir, menjadikan Taswin kandidat terpilih untuk memimpin BII saat ini dalam perjalanan transformasi BII.

Tan Sri Megat mengatakan penunjukan Taswin sekaligus juga mencerminkan komitmen Grup Maybank untuk untuk mendorong kepemimpinan lokal di semua negara dimana Maybank beroperasi.

Menurut dia, Grup Maybank berada di Indonesia untuk jangka panjang dan semakin banyak potensi pemimpin lokal muda, pria dan wanita, yang dikembangkan selaras dengan potensi yang dimiliki.

“Proses ini juga menunjukkan kemampuan kami untuk bergerak cepat dalam situasi apapun, mengingat Presiden Direktur kami sebelumnya mengundurkan diri baru satu bulan lalu,” kata Tan Sri.

Sementara itu, President & CEO Grup Maybank Datuk Abdul Farid Alias menyatakan kegembiraannya karena Taswin telah menerima pengangkatan tersebut. Menurutnya, dengan keahlian dan pengalaman Taswin di bidang perbankan, yang dilengkapi dengan pengalaman di bisnis lainnya dalam sembilan tahun terakhir akan berdampak positif terhadap perusahaan.

“Kami mengantisipasi kepemimpinan Taswin di Indonesia tidak hanya menggerakkan BII untuk meraih puncak prestasi baru tetapi juga mempercepat kesempatan untuk bersinergi dengan Grup Maybank,” ujar dia.

Berdasarkan siaran pers dari BII, hingga Bank menerima persetujuan terkait dengan penunjukan Presiden Direktur baru, Thila Nadason akan tetap melanjutkan perannya sebagai Pejabat Sementara Presiden Direktur BII.

Taswin Zakaria merupakan Komisaris Independen BII sejak 2004. Taswin juga merupakan Komisaris Independen pada PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (anak perusahaan dari SATS Singapore) sejak 2005.

Taswin Zakaria pernah menjabat Presiden Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance pada periode 2010 dan 2011,dan sebelum menjadi anggota Dewan Komisaris BII, Taswin Zakaria menjabat direktur Barclays Bank Plc untuk Indonesia dan kepala regional Asia pada Alternate Capital Market/Islamic Finance.

Selain itu, Taswin pernah menjabat vice president Deutsche Bank AG Jakarta dan kepala divisi debt capital market dan liability risk management.

Taswin memulai karir perbankannya di Citibank NA Jakarta sebagai Kepala Divisi Corporate Restructuring dan Project Finance. Yang bersangkutan memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dengan predikat Cum Laude dari The Ohio State University pada 1991. (ID/tk/ant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s