TA @ bn11, bbr1

dollar small

Tax Amnesty: The tax amnesty program is officially launched today. Monday (18/07) will be the first day where the Prime Tax Offices (Kantor Pajak Pratama, KPP) across Indonesia starts to open registration for those wanting to file their proposals for tax amnesty. According to Director General of Tax Ken Dwijugisetiadi, special help desks will be assigned to serve tax amnesty proposals and around 60% of KPP staffs will be specially deployed to wait the desks. (Kontan)
Sumber : IPS RESEARCH

ezgif.com-resize

Surabaya detik -Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat kaget melihat undangan sosialisasi tax amnesty di Grand City Convention Center Surabaya dihadiri lebih dari 2000 undangan dari pengusaha se-Jawa Timur.

“Saya kaget masuk ke ruangan ini,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di acara sosialisasitax amnesty di Grand City Surabaya, Jumat (15/7/2016).

“Saya minta 2000 (undangan), jangan banyak-banyak. Tapi menjadi 2.700 (undangan) ini sebuah prestasi,” tuturnya.

Di hadapan pengusaha kecil, menengah dan pengusaha besar di Jawa Timur, Jokowi menerangkan kondisi perekonomian di berbagai negara mengalami penurunan, seperti China dari 10 persen, pertumbuhan ekonominya sekitar 6,5 persen.

“Negara lain ada yang minus 3, juga ada hampir minus 7. Nggak perlu saya sebutkan negara mana saja,” ujarnya.

“Negara tetangga kita juga turun. Inilah tekanan global yang kita hadapi,” tuturnya.

Jokowi berharap, mulai tahun depan ada recovery atau pemulihan pembangunan ekonomi.

Semua negara juga berebut investasi, berebut uang, berebut modal, agar ada aliran uang yang masuk.

“Semua berkompetisi memberikan pelayanan yang baik. Persaingan itu mau tidak mau harus kita hadapi bersama-sama,” tandasnya.

“Sudah ada paket ekonomi 1 sampai paket ekonomi ke 12. Ini terus kita perbaiki,” jelasnya.

(roi/hns)

lol

 

JAKARTA. Pemerintah memastikan, tidak hanya menunjuk Bank Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) atau Bank swasta nasional saja yang menjadi Bank penampung dana repatriasi, kebijakan pengampunan pajak.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, semua Bank yang ada di buku tiga dan buku empat akan menjadi Bank persepsi, yang bertugas mengelola dana repatriasi. Termasuk Bank milik asing atau yang memiliki cabangnya di Indonesia.

Namun, Bank asing yang boleh mengelola dana tax amnesty itu harus memiliki salah satu dari tiga fasilitas lock up, atau mengunci dana dalam jangka waktu tiga tahun. Ketiga syarat itu antara lain, memiliki wali amanat, Bank kustodian atau rekening dana nasabah (RDN).

Intinya, memastikan Bank tersebut bisa menahan dana yang masuk dalam waktu tiga tahun sesuai aturan yang ada dalam Undang-undang pengampunan pajak. Selain itu, menurut Bambang Bank tersebut harus berskala besar dan bisa memberikan kenyamanan kepada pemilik dana.

Semua Bank tersebut nantinya akan tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Setelah itu, Bank akan menandatangani kontrak kerjasama dengan pemerintah. “Pemerintah bsia memberikan sanksi yang berat bila melanggar,” ujar Bambang, Minggu (17/7) kepada KONTAN.

Sebagai catatan, beberapa Bank yang masuk dalam kategori buku III di antaranya adalah Bank Tabungan Negara (BTN), CIMB Niaga, Bank Danamon, Maybank, Bank Mega, Bank NISP, Permata Bank, UOB Indonesia, Panin Bank dan BTPN. Sedangkan yang masuk aktegori Bank buku IV adalah Bank Mandiri, BNI, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Central Asia (BCA).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s