bri caplok bringin (remittance, dll) … 250811_290416

gifi

Bisnis.com, JAKARTA–PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengalokasikan dana senilai Rp3 triliun hingga Rp5 triliun untuk pertumbuhan anorganik dan suntikan modal ke anak usaha.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan untuk pertumbuhan anorganik,  perseroan bakal mencari anak usaha yang bergerak di bidang multifinance melalui akuisisi.

“Memang kami ingin mengembangkan diversifikasi produk keuangan, sehingga kami perlu ekspansi anorganik ke multifinance. Kami sedang berproses, semoga bisa di akhir 2016,” ujarnya di Jakarta, Kamis (29/4/2016).

Selain itu, Haru menyatakan BRI akan memberikan suntikan modal ke 3 anak usahanya, yakni PT BRI Syariah, PT BRI Agroniaga Tbk., dan PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera.

“Suntikan masih kami hitung nilainya, yang jelas untuk anak usaha bank dijaga CAR di atas 12% dan untuk asuransi kami jaga risk based capital (RBC) di sekitar 200%,” katanya.

 

http://finansial.bisnis.com/read/20160429/90/542830/bri-alokasikan-hingga-rp5-triliun-untuk-anorganik

 
Sumber : BISNIS.COM

ezgif.com-resize

JAKARTA kontan. Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendapat persetujuan pemegang saham untuk mengambilalih PT Bringin Jiwa Sejahtera (Bringin Life) dari Dana Pensiun BRI. Berdasarkan kesepakatan jual beli, BRI mengambil 91% kepemilikan Dapen BRI dengan nilai Rp 1,6 triliun.

Asmawi Syam, Direktur Utama BRI menyampaikan, aksi korporasi BRI pada penghujung tahun ini diharapkan mencapai milestone tahun depan untuk layanan keuangan terintegrasi. “Akuisisi ini juga merupakan tindak lanjut perjanjian jual beli bersyarat dengan Dapen BRI sebagai pemegang saham Bringin Life,” terang Asmawi, Senin (14/12).

Asmawi mengatakan, aksi tersebut akan langsung mengubah susunan pemegang saham Bringin Life dengan rincian BRI memegang 91% dan sisanya masih dipegang Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI. Adapun nilai akuisisi tersebut setara dengan 1,69 kali book value Bringin Life per Juni 2015.

Sunarso, Wakil Direktur Utama BRI menambahkan, persetujuan pemegang saham menjadi tahap kedua proses pengambilalihan Bringin Life sesuai dengan perjanjian jual beli bersyarat. “Selanjutnya, menunggu persetujuan OJK. Bringin Life akan mendapat izin dari OJK IKNB dan BRI menunggu izin dari OJK Bank,” ujar Sunarso.

Sunarso juga bilang, dalam proses persetujuan OJK, BRI bakal mengikuti fit and proper test. Selain itu, OJK juga kudu menyetujui penyertaan modal Bringin Life karena terkait kecukupan modal bank setelah akuisisi.

PT Bank Rakyat Indonesia baru saja mengakuisisi PT BRIngin Remittance Company, perusahaan penyedia jasa pengiriman uang, yang berpusat di Hong Kong.

Direktur Keuangan BRI Achmad Baequni menga ta kan proses akuisisi ter sebut sudah selesai dilaksanakan pada semester I ta hun ini dengan nilai Rp3 miliar.

“BRIngin Remittance ini tadinya dimiliki oleh Dana Pensiun BRI, se hing ga tidak terkonsolidasi dengan perseroan.

Se karang setelah dimiliki langsung oleh BRI tujuannya untuk secara relatif meningkatkan pemasaran remittance di Hong Kong,” jelasnya dalam jum pa pers, kemarin.

Dengan demikian, lanjutnya, apabila BRI sudah memiliki langsung perusahaan tersebut, kemampuan permodalan dapat meningkat dibandingkan dengan sebelumnya, se hingga memungkinkan per usahaan tersebut mem buka cabang.

Achmad mengakui perseroan berencana le bih agresif di pasar pengi riman uang pada tahun ini. Meski demikian BRI
hingga saat ini belum berencana membuka ca bang baru untuk ke pen tingan remitansi.

Saat ini, katanya, yang akan dilakukan perseroan adalah membuka ja ringan di luar negeri de ngan pola strategi koneksi jaringan komputer BRI de ngan jaringan perusa ha an jasa pengiriman uang yang telah ada.

Selain itu, BRI juga menempatkan tenaga kerja di perusahaan remitansi yang berada di malaysia dan Timur Te ngah sebagai bentuk perluasan jaringan.

“Pola strategi yang ka mi lakukan tidak bu ka jaringan tetapi me nempatkan tenaga kami di per usahaan jasa pe ngi rim an uang di Ma laysia dan Timur Tengah.

Selain itu, kami sudah mi liki BRIfast, ini sarana pengiriman uang, sehingga tidak perlu membuka jaringan kantor, tinggal membuka jaringan komputer dengan jaringan komputer jasa pe ngi riman uang,” jelasnya Total pengiriman uang me lalui BRI dari luar ne ge ri yang masuk ke In do nesia hingg Juli men capai US$7,5 miliar, yang terdiri atas 436.975 trans aksi.

Sumber : BISNIS INDONESIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s