ayo BBRI @bpui … 030712_210416

animated-rocket-and-space-shuttle-image-0026

JAKARTA. Pemerintah terus mematangkan rencana konsolidasi BUMN sektor keuangan. Selain, menyiapkan induk alias holding bagi bank-bank pelat merah, Kementerian BUMN juga merancang skema akuisisi atas lembaga keuangan anak usaha BUMN sektor keuangan yang memiliki kemiripan bisnis.

Salah satunya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan ditugaskan untuk mengambil alih anak usaha Grup Bahana yakni PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI).

Gatot Trihargo, Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan menjelaskan, BPUI memiliki visi yang kurang lebih sama dengan BRI, yaitu mengembangkan sektor riil lewat pembiayaan kepada usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan koperasi. Penempatan BPUI dalam kendali BRI ditargetkan selesai pada tahun ini.

Hal tersebut untuk mempercepat pembentukan holding BUMN yang diharapkan selesai pada tahun 2017, maju dari target sebelumnya di tahun 2018. Kehadiran BPUI dalam struktur BRI akan menambah aset emiten berkode saham BBRI tersebut. “Yang penting ini kami lakukan bertahap holding dulu, berbarengan dengan ini kami akan masukkan BPUI ke BRI,” tandas Gatot, akhir pekan lalu.

Kementerian BUMN optimistis, kehadiran BPUI akan memperkuat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) BRI. Kementerian BUMN menargetkan banyak pengusaha yang bisa naik kelas setelah memperoleh KUR BRI.

Direktur Keuangan BRI, Haru Koesmahargyo menyambut baik skema yang dirancang pemerintah. BRI sendiri akan mengikuti anjuran pemegang saham. “Kalau sudah menjadi arahan dari pemegang saham mayoritas tentu kami akan dukung,” tutur Haru kepada KONTAN, Rabu (20/4).

Haru menyatakan belum bisa berkomentar banyak tentang berapa dana investasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan BPUI. “Kalau untuk dana investasi dan kapannya, kami belum sampai situ, karena harus ada pembicaraan lebih lanjut dengan para pemegang saham,” ujar Haru.

http://keuangan.kontan.co.id/news/bri-siap-ambil-alih-bpui
Sumber : KONTAN.CO.ID

rose KECIL

JAKARTA. Rencana dua perbankan nasional untuk akuisisi Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) akan segera terealisasi. Deputi Menteri Negara BUMN Bidang Perbankan dan Jasa Keuangan Parikesit Suprapto mengaku hal ini akan terealisasi sebelum akhir 2012.

Lebih lanjut Parikesit pun membenarkan jika dua perbankan yang meminati BPUI adalah BNI dan BRI. “Mereka sudah mengungkapkan keinginan untuk itu. Selain mereka juga ada dari pihak swasta,” tambah Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) tersebut.

Walaupun ada pihak swasta yang ikut menginginkan BPUI, ternyata pemerintah masih menginginkan agar perusahaan BUMN-lah yang mengambil holding dari Bahana Securities. Sebagai catatan saja, BRI sempat mengungkapkan niatnya untuk melakukan akuisisi terhadap Bahana Securities saja, bukan seluruh BPUI.

Sedangkan BNI berniat mengakuisisi BPUI namun menggunakan obligasi rekap. “Saat ini masih dalam pembahasan mengenai opsinya,” ungkap Parikesit. Tapi dia mengungkapkan jika sebelum akhir tahun, akuisisi ini sudah dapat terlaksana.

http://www.tribunnews.com/2012/07/03/bni-atau-bri-akan-akuisisi-bpui

Sumber : TRIBUNNEWS.COM

dollar small

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s