bunga obligasi bbri yang tinggi, terjangkau lah … 0512109_040615

NERACA

Jakarta – Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Haru Koesmahargyo mengatakan, penerbitan obligasi yang dilakukan oleh perseroan ditujukan untuk diversifikasi sumber pendanaan BRI, khususnya dalam jangka panjang.

“Saat ini, kami memang terus berupaya untuk menurunkan biaya bunga simpanan, tapi tujuan penerbitan obligasi ini lebih untuk diversifikasi pendanaan BRI yang saat ini kebanyakan deposito 1 dan 3 bulan,” ujar Haru, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (3/6).

BRI baru saja menerbitkan obligasi tahap pertama senilai Rp3 triliun, dari rencana penerbitan berkelanjutan dengan total emisi senilai Rp12 triliun. Adapun jangka waktu yang ditetapkan pada obligasi tahap pertama itu adalah 370 hari, tiga tahun dan lima tahun dengan kupon masing-masing 8,1% – 8,4%, 8,7% – 9,2% dan 9,1% – 9,6%.

 

http://www.neraca.co.id/article/54618/terbitkan-obligasi-bri-diversifikasi-pendanaan
Sumber : NERACA.CO.ID

JAKARTA. Langkah Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbitkan obligasi tidak semata-mata hanya untuk diversifikasi pendanaan bagi ekspansi kreditnya saja. Upaya tersebut, juga merupakan bagian dari inisiatif bank spesialis kredit mikro ini dalam menyambut rencana perluasan loan to funding ratio (LFR).

BRI baru saja mulai melakukan penawaran obligasi senilai Rp 3 triliun. Obligasi tersebut merupakan bagian dari obligasi berkelanjutan I senilai Rp 12 triliun yang akan diterbitkan hingga 2017 mendatang.

Haru Kusmahargyo, Direktur Keuangan BRI menjelaskan, jika dana pihak ketiga (DPK) BRI yang mencapai Rp 550 triliun dan setiap ada penambahan Rp 5 triliun, maka LFR BRI bertambah sekitar 1%. “Nah, karena yang nilai obligasi tahap I senilai Rp 3 triliun, maka penambahan LFR berkisar 0,6%,” ujar Haru, Rabu (3/6).

Haru mengaku, penambahan rasio LFR tersebut memang tidak signifikan. Tapi, lanjut dia, hal tersebut cukup membantu BRI menjelang rencana perluasan LFR oleh Bank Indonesia (BI). Sementara itu, Haru juga bilang, BRI berharap bisa mempertahankan loan to deposit ratio (LDR) pada kisaran 85%-90%.

Di sisi lain, Asmawi Syam, Direktur Utama BRI menegaskan, diversifikasi pendanaan sangat penting bagi BRI yang ingin terus melakukan ekspansi kredit. “Khususnya diversifikasi pendanaan jangka panjang. Karena ini bisa menjadi salah satu ukuran stabilitas bank,” imbuh Asmawi.

 

Editor: Sanny Cicilia

 

Bunga Obligasi BFI Finance 11-13%
04/12/2009 23:21:02 WIB
JAKARTA, INVESTOR DAILY
PT BFI Finance Indonesia Tbk berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp 200 miliar yang dibagi dalam tiga seri. Kupon yang ditawarkan dengan bunga absolut berkisar dari 11-13,25%.

Obligasi yang bernama Obligasi BFI Finance Indonesia II Tahun 2009 dengan tingkat bunga tetap ini memiliki harga penawaran 100% dari nilai obligasi. Sedangkan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberi peringkat A- dengan outlook stabil.

Obligasi ini terdiri atas Seri A Rp 75 miliar dengan tenor 370 hari kalender dan bunga 11-12%. Kemudian seri B Rp 50 miliar dengan tenor 18 bulan dan bunga 11,75-12,75%. Seri C Rp 75 miliar dengan tenor 24 bulan dan bunga 12,25-13,25%.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi ini adalah PT Danareksa Sekuritas dengan wali amanat PT Bank Mega Tbk. Selain itu, obligasi ini dijamin dengan piutang pembiayaan dengan kategori lancar dan diikat dengan akta jaminan selambat-lambatnya empat bulan sejak tanggal emisi. Penjaminan sekurang-kurangnya sebesar 110% dari nilai pokok obligasi yang terhutang.

Direktur BFI Finance Cornellius Henry Kho mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana hasil penjualan obligasi tersebut untuk pembiayaan konsumen sebesar 90% dan sewa guna usaha (leasing) 10%.

“Kami gunakan untuk modal target pembiayaan baru (new booking) sebesar Rp 3 triliun tahun depan. Sedangkan proyeksi pembiayaan pada tahun ini Rp 1,8 triliun,” kata Cornellius pada di Jakarta, Kamis (3/12).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s