bbri D0YAN s3d0t DANA … 290813_290415

JAKARTA okezone – Menabung di bank saat ini dinilai terlalu merugikan, pasalnya biaya administrasi bank dianggap terlalu tinggi untuk menutupi biaya operasional. Oleh karenanya, prospek saham perbankan dinilai sudah tidak menarik.Analis Senior LBP Enterprise, Lucky Bayu Purnomo, mengatakan saat ini menabung di bank sudah tidak menarik lagi. Dia mengatakan, saat ini perbankan memang tengah menghadapi dilema.

“Suku bunga bank masih tinggi karena belum di koreksi, menabung di bank mahal, jadi kalau mau pinjam juga tinggi,” kata dia dalam acara di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Oleh karena itu, dia melihat dari sisi investasi, maka sektor perbankan seharusnya dihindari beberapa hari ini. “Sektor rill lah yang lebih baik dari paper aset,” tambahnya.

Dia melanjutkan, industri keuangan juga terpengaruh pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang mengalami tekanan dari 5,2 persen menjadi 5 persen. “Turun 0,2 persen, akibatnya industri keuangan dinilai ringkih, karena toleransi risiko diperkirakan rawan koreksi,” tuturnya.

(mrt)

 

Ini Strategi Bank BRI Sedot Dana Nasabah

Oleh: Emanuel Kure
ekonomi – Selasa, 27 Agustus 2013 | 15:47 WIB

INILAH.COM, Jakarta -Di tengah ketatnya pasar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk/Bank BRI optimis mampu meraup dana nasabah Rp 10 triliun. Serta penambahan rekening sebanyak 1,5 juta.

Kepala Divisi Dana dan Jasa Bank BRI, Widodo Januarso mengaku optimis mampu meraih target tersebut. “Tahun ini, target Bank BRI mencapai Rp 10 triliun dengan 1,5 juta rekening baru. Untuk transaksi e-banking mencapai 200 juta transaksi selama 4 bulan ini,’’ terangnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (27/08/2013).

Untuk mencapai target itu, BRI memasang strategi khusus. Agar masyarakat lebih tertarik untuk menjadi nasabah Bank BRI. Caranya dengan menyediakan hadiah-hadiah yang lebih menarik di 2013. Benar saja, hadiah untuk pemenang Untung Beliung Britama (UUB) 2013, cukup menarik.

Misalnya, uang tunai bernilai miliaran rupiah, grand prize berupa mobil Range Rover Sport serta super grand prize berupa Mercedes S Class. Hadiah lain tak kalah menariknya, berupa Toyota Alphard, Honda Brio dan smartphone.

Untuk hadiah berupa Toyota Alphard, tersedia 16 unit dan Honda Brio sebanyak 20 unit. Sedangkan hadiah smartphone berupa Iphone serta Samsung Galaxi S-4 berjumlah 360 unit. Per dua bulan, hadiah tersebut bakal diundi.

‘’Jadi mulai sekarang, menabunglah di Bank BRI. Atau tingkatkan saldo anda sebanyak-banyaknya, siapa tahu anda yang terbelit untung,” ujar Widodo. [ipe]

BI Perlonggar Bank Atur Likuiditas

Oleh: Wahid Ma’ruf
ekonomi – Rabu, 28 Agustus 2013 | 18:59 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengeluarkan ketentuan baru soal pembelian valas serta penerbitan Sertifikat Deposito Bank Indonesia (SDBI).

Langkah tersebut merupakan bagian dari implementasi paket kebijakan lanjutan Bank Indonesia menjaga stabilitas makroekonomi. Impelementasi tersebut diantaranya terkait perluasan jangka waktu Term Deposit Valas. Demikian mengutip keterangan resmi BI, Rabu (28/8/2013).

Ketentuan antara lain:
1. Peraturan Bank Indonesia Nomor 15/5/ PBI/ 2013 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 12/11/PBI/2010 Tentang Operasi Moneter.

2. Surat Edaran No. 15/30/DPM Perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 12/16/DPM tanggal 6 Juli 2010 Perihal Kriteria dan Persyaratan Surat Berharga, Peserta dan Lembaga Perantara dalam Operasi Moneter.

3. Surat Edaran No. 15/31/DPM Perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 12/17/DPM tanggal 6 Juli 2010 Perihal Koridor Suku Bunga (Standing Facilities).

4. Surat Edaran No. 15/32/DPM Perihal Perubahan Keenam atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 12/18/DPM tanggal 7 Juli 2010 perihal Operasi Pasar Terbuka.

5. Surat Edaran No. 15/33/DPM Perihal Perubahan Ketiga atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 10/42/DPD tanggal 27 November 2008 perihal Pembelian Valuta Asing terhadap Rupiah kepada Bank

Menurut BI, ketentuan pada poin 1 sampai dengan 4 tersebut merupakan dasar hukum atas pelaksanaan lelang SDBI serta perluasan jangka waktu TD Valas. Dengan adanya ketentuan ini maka bank akan memiliki ruang yang lebih fleksibel dalam mengatur likuiditasnya.

Sedangkan ketentuan pada poin 5 mengatur tentang relaksasi ketentuan pembelian valas. Relaksasi ini bertujuan untuk meningkatkan likuiditas valas di pasar domestik. Harapannya akan mendukung upaya Bank Indonesia dalam mencapai dan memelihara stabilitas nilai rupiah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s