utaaa(Rp2.500,94 T)AAnK … 141014

Jakarta detik -Pemerintah Indonesia untuk pertama kalinya menjual surat utang berdenominasi euro, atau Eurobond. Nilai surat utang yang diterbitkan adalah 1 miliar euro atau sekitar Rp 16 triliun.

Menurut Menteri Keuangan Chatib Basri, minat investor membeli surat utang pemerintah Indonesia ini tinggi. Hal tersebut terlihat dari permintaan yang mencapai 6,7 miliar euro, atau hampir 7 kali lipat dari nilai yang diterbitkan pemerintah.

“Ini menunjukkan bahwa appetite atau permintaan atau kepercayaan terhadap Indonesia masih sangat tinggi. Dan yield-nya kita bisa dapat 2,9, saya lupa 2,9 berapa, itu jelas lebih rendah dibandingkan dengan kupon di dalam dolar untuk jenis bond (surat utang) yang sama, yang sekitar 4%,” tutur Chatib Kamis 3 Juli 2014 lalu.

Karena ongkos bunga yang murah ini, pemerintah memilih menjual surat utang berdenominasi euro tersebut. “Sehingga biaya pinjaman lebih murah,” jelas Chatib.

Dari kondisi ini, Chatib mengatakan, kepercayaan investor asing terhadap Indonesia masih tinggi. Hal tersebut terlihat dari tingginya permintaan surat utang tersebut.

“Jadi kalau saya lihat dari sini, memang pelemahan rupiah dari beberapa waktu terakhir lebih merupakan fenomena lokal,” jelas Chatib.

(drk/ang)

 

Bisnis.com, JAKARTA– Posisi utang pemerintah turun sekitar Rp6,58 triliun pada Juli 2014, jika dibandingkan Juni yang berada di posisi Rp2.507,52 triliun.

Sebagaimana dilansir situs Direktortat Jenderal Pengelolaan Utang, Selasa (26/8/2014),  utang pemerintah pada Juli berada di posisi Rp2.500,94 triliun.

Utang tersebut terbagi sebagai pinjaman dan Surat Berharga Negara (SBN).

Dari pinjaman, terdapat porsi pinjaman luar negeri sebesar Rp671,2 triliun dan porsi pinjaman dalam negeri Rp2,52 triliun.

Pinjaman luar negeri dibagi ke dalam bilateral, multilateral, komersial dan suppliers yang masing-masing mencapai Rp358,89 triliun, Rp269,06 triliun, Rp42,98 triliun dan Rp0,26 triliun.

Sementara itu, nominal SBN per Juli sebesar Rp1.871,21 triliun. SBN ini terdiri dari denominasi valuta asing (valas)  Rp412,17 triliun dan denominasi rupiah Rp1.415,04 triliun.

Posisi utang pemerintah sebagian besar berupa SBN,  di mana 56 persen lebih merupakan utang berdenominasi rupiah.

 

Editor : Ismail Fahmi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s