utAAA($264,1 M)aaNk … 2002201empat

Jakarta -Posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Desember 2013 secara nominal mencapai US$ 264,1 miliar atau tumbuh 4,6% secara tahunan atau year on year (yoy).

Namun, jika dibandingkan dengan pertumbuhan tahun sebelumnya, utang luar negeri Indonesia melambat. Tahun lalu, pertumbuhan ULN Indonesia mencapai 12% secara yoy.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia Hendy Sulistiowaty menyebutkan, perlambatan utang luar negeri disumbang oleh utang sektor publik yang terkoreksi sebesar 2% secara year on year dari US$ 116,8 miliar di tahun 2012 menjadi sekitar US$ 114 miliar di tahun 2013.

“Utang pemerintah turun karena kita lebih banyak membayar kewajiban daripada ngutang,” ujar Hendy dalam acara BI Bareng Media, di Gedung BI, Thamrin, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Dia menjelaskan, ULN sektor publik jangka panjang berupa pinjaman bilateral, multilateral, dan fasilitas kredit ekspor serta obligasi pemerintah.

Sementara jangka pendek berupa surat utang jangka pendek SPN dan SBI dan kewajiban lainnya.

Sementara di sektor swasta mengalami peningkatan pertumbuhan 11,3% secara yoy dari 6,3% secara yoy dan 18,3% secara yoy di tahun sebelumnya
Utang luar negeri jangka panjang memiliki porsi paling besar terhadap total keseluruhan ULN Indonesia, mencapai 82,1%. Utang jangka panjang tumbuh 4,1% pada 2013 secara tahunan. Nilai ini lebih lambat dibandingkan periode 2012 yang pertumbuhannya mencapai 11,2%.

Sementara itu, ULN jangka pendek memiliki porsi 17,9% dari total keseluruhan ULN Indonesia.

Nilai ini tumbuh 7,1% secara tahunan atau tumbuh melambat dibandingkan periode 2012 yang tumbuh mencapai 15,9% secara yoy.

Hendy mengungkapkan, rasio utang Indonesia terhdap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 30,24% di tahun 2013 atau lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 28,70%. Angka ini dinilai masih aman.

“Rasio utang terhadap PDB kita masih aman. Jepang rasionya sampai 190% dan lebih banyak utang domestik, kalau kita kebanyakan utang luar negeri. Batas aman rasio utang itu 50%, kalau lebih dari 50% harus aware,” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s