BUNGA perbankan … 161013

Apindo: Eksportir bawa pulang uang hasil ekspor
Oleh Noverius Laoli – Rabu, 16 Oktober 2013 | 17:25 WIB

JAKARTA. Kondisi makro ekonomi Indonesia yang masih stabil menjadi salah satu daya tarik para eksportir untuk menyimpan dana hasil ekspornya ke dalam negeri. Ditambah lagi dengan tingkat suku bunga yang cukup tinggi, membuat eksportir diyakini akan membawa kembali uang hasil ekspor dan disimpan di dalam negeri.
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menuturkan bahwa para eksportir saat ini semakin tertarik dengan suku bunga dalam negeri. Karena itu, ia menilai sebagian besar eksportir akan membawa kembali dana hasil penerimaannya dan menyimpannya di bank dalam negeri.
“Di luar negeri itu, uangnya tidak berbunga. Sementara di dalam negeri, bunga simpanannya sudah tinggi. Jadi menurut saya, lebih baik uangnya di sini aja, karena bunga tinggi. Jadi lebih untung simpang uang dalam negeri ketimbang di luar negeri,” tutur Sofjan saat ditemui di Trade Expo ke-28 yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan di Jakarta International Trade Expo Kemayoran, Rabu (16/10).
Sofjan menjelaskan bahwa peraturan BI yang mengizinkan eksportir untuk menyimpang uang dalam bentuk dollar membuat para pengusaha berminat membawa dolarnya dalam negeri. Karena itu, Sofjan menilai bahwa tidak banyak eksportir yang memarkir uang hasil penjualannya di luar negeri, kecuali para pengusaha yang sudah lama menyimpan uangnya di luar negeri.
“Penerimaan hasil ekspor yang baru-baru ini saya kira tidak lagi disimpan di luar negeri. Mereka kan juga perlu uang itu untuk membeli bahan mentah, untuk modal dan sebagainya. Apalagi kalau pinjam uang dalam negeri sekarang bunganya mahal, jadi pakai uang hasil ekspor saja,” terangnya.
Sebelumnya, Wakil Presiden Boediono meminta agar para eksportir tidak ragu membawa kembali dana hasil ekspornya ke dalam negeri. Sebab, kondisi makro ekonomi Indonesia sudah stabil dan kuat. Pemerintah juga sudah mempersiapkan diri jika nantinya Bank Sentra Amerika Serikat The Federal Reserve memotong stimulus atau melakukan tapering off.
Triwulan III, Bunga Deposito Naik 29 Bps
Oleh Thomas E Harefa | Kamis, 10 Oktober 2013 | 12:09
ID
JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat, kenaikan suku bunga acuan (BI rate) tertransmisi pada suku bunga perbankan, khususnya suku bunga deposito. Pada triwulan III-2013 (sampai dengan Agustus), suku bunga deposito tercatat naik 29 basis poin (bps), sementara suku bunga kredit cenderung stabil.

Demikian Laporan Kebijakan Moneter BI yang dipublikasikan, Selasa (8/10). BI menilai spread antara suku bunga kredit dan deposito menurun menjadi 685 bps dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 615 bps. Meskipun cenderung stabil, pergerakan suku bunga kredit bervariasi tergantung jenis penggunaannya. Suku bunga kredit modal kerja (KMK) turun 3 bps menjadi 11,63%, suku bunga kredit investasi (KI) naik 8 bps menjadi 11,37%, dan suku bunga kredit konsumsi turun 1 bps menjadi 13,05%.

Terkait dengan suku bunga, BI juga mencatat suku bunga pasar uang antarbank (PUAB) pada triwulan III-2013 meningkat sejalan dengan kenaikan BI rate dan suku bunga deposit facility (DF). Rata-rata tertimbang suku bunga PUAB O/N pada triwulan III-2013 meningkat menjadi 5,05% dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 4,23%. Sejalan dengan hal itu, rata-rata tertimbang volume PUAB total turun menjadi Rp 10,1 triliun dari sebelumnya Rp 12,7 triliun. Sedangkan rata-rata volume DF O/N meningkat menjadi Rp 111,42 triliun dari sebelumnya Rp 59,7 triliun.

Laporan BI juga menyatakan, kenaikan suku bunga simpanan perbankan berpengaruh kepada dana pihak ketiga (DPK) bank. Pertumbuhan DPK pada triwulan III- 2013 meningkat, yang terlihat pada periode Agustus 2013 tumbuh 15,3% secara year on year (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 14,2% yoy.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s