600K @bbri … 131013

OJK Sosialisasikan Undang-Undang Tentang LKM
Jumat, 11 Oktober 2013 | 10:43
investor daily
MAKASSAR-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyosialisasikan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Makassar sebagai bagian dari persiapan membangun infrastruktur, pembinaan dan pengawasan terhadap LKM.

“Sosialisasi ini merupakan bagian dari persiapan untuk membangun infrastruktur pengaturan, pembinaan dan pengawasan LKM,” kata Direktur Pengawas Lembaga Jasa Keuangan OJK M Ichsanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat.

Menurut dia, inventarisasi LKM yang belum berbadan hukum sangat diperlukan untuk mengetahui jumlah sebenarnya LKM yang masih beroperasi di masyarakat dan membutuhkan pengawasan dan pembinaan.

Dia mengatakan jumlah LKM yang tersebar di 33 provinsi mencapai 600 ribu unit sehingga perlu pembinaan dan pengawasan. “Berkaitan dengan hal tersebut maka OJK mendapat tugas untuk menginvetarisasi dan menyiapkan regulasinya,” katanya.

Termasuk mempersiapkan pemerintah kabupaten/kota sebagai pembina dan pengawas LKM di wilayahnya.

Januari 2015, lanjut Ihsanuddin, menjadi titik awal lahirnya perizinan LKM yang berbadan hukum.

“Untuk pendataan di lapangan, kami dibantu PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) karena cabang bank ini menjangkau hingga tingkat kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo menyambut baik upaya implementasi UU Nomor 1 Tahun 2013 tentang LKM.

Menurut dia, perkembangan LKM di Sulsel cukup menggembirakan karena jumlah sudah mencapai sekitar 900 unit dari jumlah sebelumnya 600 unit. “Untuk itu perlu regulasi dan sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.(ant/hrb)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s