utAAA(PAGU)aanK … 120913

Pemerintah Tambah Utang Rp 15 Triliun
Angga Aliya – detikfinance
Kamis, 12/09/2013 17:33 WIB

Jakarta – Pemerintah menambah utang lewat penerbitan surat utang syariah, atau sukuk global sebesar US$ 1,5 miliar (Rp 15 triliun). Utang ini untuk membiayai anggaran tahun ini. Surat utang yang dijual ini akan jatuh tempo tahun 2019.

Seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Keuangan, Kamis (12/9/2013), penerbitan sukuk global ini dilakukan setelah Pemerintah melakukan serangkaian pertemuan dengan para investor di London dan Timur Tengah yang dilakukan pada bulan Agustus 2013.

Sukuk Global itu telah memperoleh peringkat Baa3 dari Moody`s, BB+ dari S&P dan BBB- dari Fitch, dengan tenor 5,5 tahun dan akan jatuh tempo pada tanggal 15 Maret 2019. Sukuk Global itu diterbitkan pada harga par dengan imbalan senilai 6,125 persen. Tingkat imbalan itu lebih rendah 25 bps lebih rendah daripada harga perkiraan awal yang berada di kisaran 6,375 persen.

Penerbitan Sukuk Global yang keempat itu merupakan penerbitan terbesar oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 2009 dan kedua kalinya diterbitkan di bawah Program Penerbitan Sukuk Global (Islamic GMTN).

Transaksi itu mendapat respons yang baik dari para investor global dan lokal dengan jumlah penawaran pembelian mencapai US$ 55,7 miliar dari sekitar 300 investor. Sebaran investor berdasarkan wilayah meliputi 20% investor Syariah dan Timur Tengah, 15% investor Indonesia, 25% investor wilayah Asia, 24% investor Amerika, dan 16% investor Eropa.

Sukuk Global ini akan diterbitkan oleh Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia III dan setelmen akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2013. Sukuk Global akan dicatatkan di Singapore Stock Exchange.

Adapun yang menjadi Joint Lead Managers dan Bookrunners yang ditunjuk Pemerintah untuk transaksi itu adalah Citi Group, Deutsche Bank dan Standard Chartered Bank. Sedangkan Co-Managers dalam transaksi ini adalah PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritat CIMB Bank, First Gulf Bank dan Qatar National Bank.

(ang/dnl)

Pembayaran Bunga Utang Luar Negeri Berpeluang Lampaui Pagu

Sri Mas Sari   –   Senin, 09 September 2013, 22:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pembayaran bunga utang luar negeri tahun ini berisiko melebihi pagu anggaran seiring pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Hingga 31 Agustus, realisasi pembayaran kewajiban utang luar negeri sudah mencapai Rp20 triliun atau 127,2% dari pagu anggaran Rp15,8 triliun.

Realisasi itu melonjak signifikan dari posisi 31 Juli yang masih Rp7,59 triliun atau 48,2% dari pagu. Artinya dalam waktu sebulan, kewajiban utang membengkak Rp12,41 triliun atau 163,5% dari realisasi Juli seiring depresiasi rupiah.

Namun demikian, Direktur Strategi dan Portofolio Utang Ditjen Pengelolaan Utang Schneider Siahaan membantah adanya pembengkakan kewajiban pembayaran utang karena pelemahan rupiah selama 2 bulan terakhir.

Menurutnya, data terakhir yang dikeluarkan oleh Ditjen Perbendaharaan belum mereklasifikasi bunga surat berharga negara (SBN) valuta asing ke bunga SBN dalam negeri sesuai rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Rekomendasi itu muncul setelah BPK melakukan audit utang negara yang menemukan penempatan bunga utang luar negeri pada pos pembiayaan dalam negeri. Agar konsisten, perlu reklasifikasi bunga utang luar negeri ke bunga utang dalam negeri.

“Menurut catatan kami, [realisasi pembayaran kewajiban utang] belum terlampaui dari anggaran total. Mungkin itu sebelum reklasifikasi. Mereka (Ditjen Perbendaharaan) mungkin belum meng-adjust dengan ketentuan yang baru,” jelas Schneider saat dihubungi hari ini, Senin (9/9/2013).

Pihaknya telah berhitung pembayaran kewajiban utang hingga akhir tahun masih sejalan dengan pagu APBN-P 2013 sekalipun rupiah terdepresiasi 20,5% sejak awal tahun (year to date)  menjadi Rp11.500 per dolar Amerika.

“Data mengenai realisasi sebenarnya akan saya berikan besok,” ujarnya.

Editor : Sutarno

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s