cadaaa($92M)aangAn dev1$a … 190813

Cadangan Devisa Indonesia 92,67 Miliar Dolar AS
15 Aug 2013 23:55:27

Jakarta, Aktual.co — Cadangan devisa Indonesia per 31 Juli 2013 mencapai 92,67 miliar dolar AS atau turun 5,33 miliar dolar dibanding posisi akhir Juni 2013 yang mencapai sebesar 98,10 miliar dolar AS.

Bank Indonesia (BI) melalui laman resminya di Jakarta, Kamis (, menyebutkan penghitungan posisi cadangan devisa itu menggunakan konsep International Reserve and Foreign Currency Liquidity (IRFCL) atas dasar harga berlaku dengan Format Official Reserve Asset (ORA). Konsep IRFCL hanya mencakup aset yang tergolong likuid dan penilaiannya menggunakan kurs yang berlaku pada saat akhir periode laporan.

Laporan Perkembangan Moneter BI itu juga menyebutkan jumlah uang primer per 31 Juli 2013 sebesar Rp750,44 triliun.

Jumlah tersebut antara lain terdiri atas uang kertas dan uang logam yang diedarkan sebesar Rp473,52 triliun.

Sebelumnya per 28 Juni 2013, jumlah uang primer mencapai Rp691,68 triliun dan jumlah uang kertas dan uang logam yang diedarkan sebesar Rp413,49 triliun.

Selain itu disebutkan pula saldo giro bank pada BI per 31 Juli 2013 mencapai Rp235,41 triliun. Sebelumnya per 28 Juni 2013, saldo giro bank pada BI mencapai Rp236,42 triliun.

Cadangan devisa merupakan posisi bersih aktiva luar negeri pemerintah dan bank-bank devisa, yang harus dipelihara untuk keperluan transaksi internasional. Devisa diperlukan untuk membiayai impor dan membayar utang luar negeri.
(Ant)
Ari Purwanto

Pemerintah Yakin Neraca Transaksi Berjalan Membaik pada Kuartal III
Ringkang Gumiwang – Minggu, 18 Agustus 2013, 21:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Kendati defisit transaksi berjalan kuartal II/2013 melebar menjadi US$9,8 miliar atau setara dengan 4,4% dari produk domestik bruto, pemerintah optimistis defisit neraca transaksi berjalan pada kuartal III/2013 bakal membaik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan kondisi pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat seperti China dan India, sehingga berdampak terhadap kinerja ekspor dari komoditas utama Indonesia.

“Saya melihat tren, dan diharapkan defisit transaksi berjalan dapat membaik pada kuartal ketiga atau semester kedua ini,” katanya, Jumat (16/08/2013).

Dia menjelaskan defisit transaksi berjalan pada kuartal IV/2012 sempat di atas 3% dari produk domestik bruto (PDB), namun membaik pada kuartal I/2013 di level 2,6% dari PDB kita, dan kembali memburuk ke level 4,4% dari PDB pada kuartal II/2013.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah akan terus mencari pasar ekspor baru, memperluas pasar domestik, memperbaiki neraca minyak dan gas (migas) dalam negeri guna memperbaiki kondisi neraca transaksi berjalan dalam negeri.

“Tidak kalah penting, defisit itu kami kurangi, dan kami akan meningkatkan transaksi modal dan keuangan seperti inital public offering (IPO). Selain itu juga, pemerintah akan melancarkan iklim investasi,” jelasnya.

Seperti diketahui, neraca transaksi berjalan mengalami defisit sebesar US$9,8 miliar pada triwulan II, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang tercatat US$5,8 miliar.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia, melebarnya defisit neraca transaksi berjalan kuartal II/2013, akibat menyusutnya surplus neraca perdagangan nonmigas serta melebarnya defisit neraca jasa dan pendapatan.

Surplus neraca perdagangan nonmigas menyusut karena impor, khususnya impor bahan baku dan barang konsumsi, meningkat sehubungan dengan konsumsi domestik pada kuartal II yang secara historis memang selalu lebih tinggi daripada kuartal I.

Defisit neraca jasa tercatat melebar akibat meningkatnya pembayaran jasa transportasi barang seiring dengan kenaikan impor serta meningkatnya perjalanan masyarakat ke luar negeri selama musim liburan sekolah.

Sejalan dengan itu, defisit neraca pendapatan juga melebar mengikuti jadwal pembayaran bunga utang luar negeri dan transfer keuntungan kepada investor asing. Adapun, neraca perdagangan migas masih defisit tetapi berkurang dibandingkan kuartal sebelumnya.
Editor : Bambang Supriyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s