Rp10 T @bbri … 300713

Bisnis Mikro Kian Jadi Andalan BRI

Oleh: Vinsensius Segu
ekonomi – Selasa, 30 Juli 2013 | 17:57 WIB

INILAH.COM,Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis mikro, kecil dan menengah(MKM) di Indonesia.

Hal ini dilakukan seiring terus meningkatnya pertumbuhan segmen kredit kecil dan menengah perseroan. “Dengan pertumbuhan bisnis mikro yang sangat kuat yang terlihat dari dominasi kredit segmen ini dalam portofolio kamu yang mencapai 73,2 persen dari total kredit, maka kami akan terus berkomitmen mengembangkan segmen MKM ini,” kata Direktur Bisnis UMKM Bank BRI, Djarot Kusumayakti, saat Paparan Kinerja Keuangan BRI triwulan II Tahun 2013 di kantor BRI Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Djarot melanjutkan, bisnis Mikro BRI juga terus memperlihatkan momentum pertumbuhan yang mengembirakan. Kredit mikro perseroan dalam periode yang sama tumbuh sebesar 26,4 persen (net) yoy,mencapai Rp122,08 triliun atau naik sebesar Rp25,49 triliun.

“Pertumbuhan yang tinggi di segmen ini bisa kami capai berkat pengetahuan yang mendalam tentang karakteristik bisnis mikro,” katanya.

Dia juga menambahkan,pertumbuhan bisnis mikro ini juga membuat jumlah nasabah perseroan pun ikut naik.Hingga akhir Juni 2013 jumlah debitur mikro BRI mencapai 5,9 juta orang. Pertumbuhan ini pun berkontribusi terhadap naiknya kredit mikro perseroan dalam 5 (lima) tahun terakhir.

“Pertumbuhan kredir mikro kami tidak hanya menghasilkan peningkatan outstanding pinjaman, tapi juga menghasilkan peningkatan jumlah nasabah,” tuturnya. [hid]
Penyaluran Kredit BRI Tumbuh 28,5%
Selasa, 30 Juli 2013 17:47 wib
Rezkiana Nisaputra – Okezone

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero, Tbk mencatatkan pertumbuhan kreditnya hingga semaster I-2013 sebesar 28,5 persen secara year on year (yoy) atau mencapai Rp391,77 triliun.

Direktur Bisnis UMKM Djarot Kusumayakti mengatakan, pertumbuhan kredit yang tinggi tersebut juga dibarengi dengan penjagaan kualitas kredit seperti yang tercermin dari tingkat kredit bermasalag (NPL) yang masih terjaga pada 0,41 persen (nett), menurun dari tingkat NPL dalam semester I di tahun sebelumnya yang mencapai 0,55 persen (nett).

“Bisnis mikro BRI juga terus memperlihatkan momentum pertumbuhan yang menggembirakan. Kredit mikro BRI dalam periode yang sama tumbuh sebesar 26,4 persen (nett) yoy yang mencapai Rp122 triliun atau meningkat sebesar Rp25,49 triliun,” ujar Djarot di Gedung BRI 1, Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Selain itu pertumbuhan yang tinggi tersebut dibarengi dengan penjagaan kualitas kredit seperti tercermin dari tingkat NPL kredit mikro yang sebesar 0,46 persen (nett). Pertumbuhan mikro tidak hanya menghasilkan peningkatan outstanding kredit, tetapi juga menghasilkan peningkatan jumlah nasabah.

“Hingga semester I-2013 jumlah debitur mikro BRI itu mencapai 5,9 juta orang, kontribusi kredit mikro BRI dalam portfolio kredit BRI terus meningkat dalam lima tahun terakhir,” tukasnya.

Dengan pertumbuhan bisnis mikro yang disertai dengan mulai bertumbuhnya segmen kredit kecil dan menengah. Dia berkomitmen, BRI akan terus mengembangkan segmen mikro, kecil dan menengah (MKM) di Indonesia sangat kuat, seperti tercermin dari dominasi kredit MKM dalam portfolio BRI yang mencapai 73,2 persen dari total kredit. (wan) (wdi)
6 Bulan Pertama, Laba BRI Sudah Tembus Rp 10 Triliun
Dewi Rachmat Kusuma – detikfinance
Selasa, 30/07/2013 16:45 WIB

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 10,012 triliun di semester I-2013 ini. Angka tersebut tumbuh 16,3% dari periode yang sama tahun 2012 yang hanya sebesar Rp 8,61 triliun.

Demikian dikutip detikFinance dari siaran pers yang disampaikan BRI, Selasa (30/7/2013).

Sementara pertumbuhan kredit tercatat sebesar 28,5% secara year on year, mencapai Rp 391,77 triliun per akhir Juni 2013. Pertumbuhan kredit yang tinggi tersebut juga dibarengi dengan penjagaan kualitas kredit seperti yang tercermin dari tingkat kredit bermasalah (NPL) yang terjaga pada 0,41% (nett), menurun dari tingkat NPL dalam semester 1 tahun sebelumnya yang mencapai 0,55% (nett).

Bisnis mikro BRI juga terus memperlihatkan momentum pertumbuhan yang menggembirakan. Kredit mikro BRI dalam periode yang sama tumbuh sebesar 26,4% (nett) yoy , mencapai Rp 122,08 triliun, atau meningkat sebesar Rp 25,49 triliun.

Dari sisi pendanaan, BRI juga berhasil menumbuhkan Dana Pihak Ketiganya. Per Akhir Juni 2013 total Dana Pihak Ke 3 BRI mencapai Rp 439 triliun atau tumbuh 18,3% year on year. Perolehan DPK BRI didominasi oleh penyimpan ritel, seperti yang terlihat dari jumlah rekening simpanan yang per akhir Juni 2013 mencapai sekitar 37 juta rekening.

Fee Based income, yang merupakan hasil penting dari transformasi bisnis BRI juga terus menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan. Peningkatan fee based income merupakan hasil dari pengembangan layanan e-banking BRI beserta e-channel nya secara terus menerus. Fee Based Income BRI meningkat 22,6% secara yoy, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada transaksi e-banking yang tumbuh sebesar 72,2% secara year on year.

Selain transaksi e banking, pertumbuhan fee based income BRI juga berasal dari fee yang diperoleh dari Trade Finance, yang dalam kurun waktu yang sama tumbuh sebesar 70,7%. Pesatnya pertumbuhan Trade Finance merupakan salah satu hasil trickle down business dari segmen korporasi BRI.

Keberhasilan BRI untuk terus mengembangkan fee based income nya tidak terlepas dari pengembangan infrastruktur IT dan fitur e-banking yang sampai saat ini mencapai 250 fitur, disertai dengan ekspansi e-channel dan outlet yang bertujuan meningkatkan dan mempermudah akses masyarakat kepada layanan perbankan.

(dru/dru)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s