bbri @SINGAPURa … 080413

Kabarnya, otoritas Singapura mulai melunak ke BRI
Oleh Annisa Aninditya Wibawa – Senin, 08 April 2013 | 13:39 WIB

kontan

JAKARTA. Upaya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) untuk membuka cabang penuh di Singapura sudah dilakukan sejak tahun lalu. Namun, pemerintah Singapura belum juga memberikan izin mengenai hal tersebut.

Rupanya, upaya keras BRI mulai membuahkan hasil. Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan, pihak Monetary Authority of Singapore (MAS) sudah mulai melunak. “Katanya sudah ada pelunakan. Kami akan mendiskusikan hal ini,” ucapnya, Senin, (8/4).

Bila jadi membuka cabang di Singapura, BRI bisa menyasar banyak pasar seperti Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan pengusaha Indonesia yang berada di sana. “Kalau kami membuka cabang di sana, hal ini akan menjadi potensi besar buat kami,” sebut Sofyan.

Ia mengatakan bahwa BRI sudah berkali-kali datang ke Singapura karena ada kebijakan yang belum jelas dari MAS. Selain itu, BRI juga meminta dukungan dari Bank Indonesia (BI) untuk mendukung rencana mereka dengan menekankan azas resiprokal.

Disebutnya, bank Singapura bisa mengakses 240 juta penduduk Indonesia. Lalu perbankan Indonesia juga harusnya bisa masuk ke penduduk Singapura yang hanya 2 juta.

“Kenapa mereka boleh punya akses di sini. Sedangkan kita tidak boleh punya akses di sana?” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s