aksi korporasi Rp 2 T @bbri … 050213

BRI Batal Akuisisi Dua Perusahaan Sekuritas
Penulis : Didik Purwanto | Selasa, 5 Februari 2013 | 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memutuskan untuk membatalkan rencana akuisisi dua perusahaan sekuritas yang selama ini diincarnya. Saat ini, bank dengan laba terbesar itu sedang mengincar perusahaan sekuritas lain.

Direktur Utama BRI Sofyan Basir menjelaskan akuisisi satu perusahaan sekuritas saat ini sedang diincar oleh bank pelat merah lain. Kabarnya, rencana akuisisi tersebut akan dilakukan pada kuartal I-2013 ini. Sementara satu perusahaan sekuritas lainnya dianggap terlalu kemahalan.

“Yang satu kan sudah mau diakuisisi bank lain. Yang satunya lagi kemahalan. Kita mau cari sekuritas lain untuk diakuisisi,” kata Sofyan saat ditemui Kompas.com di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Namun Sofyan enggan membeberkan dua perusahaan sekuritas yang telah dibatalkan akuisisinya tersebut. Tapi beredar kabar, bahwa dua perusahaan sekuritas yang akan diakuisisi tersebut adalah PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) dan PT Samuel Sekuritas. Sedangkan bank pelat merah lain yang sedang mengincar BPUI ini adalah Bank Negara Indonesia (BNI).

Untuk Samuel Sekuritas, BRI memilih untuk tidak mengakuisisi karena valuasi sahamnya kemahalan. “Yang baru ini, asetnya akan lebih tinggi dari sekuritas swasta yang kemarin,” tambahnya.

Untuk melakukan aksi korporasi tersebut, pihaknya sudah menganggarkan dana hingga Rp 2 triliun. Dana ini untuk mengakuisisi sekuritas, multifinance atau aksi korporasi lainnya. Jadi tidak ada masalah bila perusahaannya akan membeli secara langsung, bukan dengan obligasi rekap yang selama ini diinginkan oleh BNI.

Khusus untuk sekuritas sendiri, BRI telah menganggarkan dana Rp 300 miliar untuk akuisisi tersebut. Sofyan mengemukakan, langkah akuisisi ini dilakukan demi memperkuat bisnis BRI di sektor jasa keuangan. Hingga saat ini, saham BBRI stagnan di level Rp 8.100 per saham.
Editor :
Erlangga Djumena

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s