bbri MAH NGERTI valua$1 … 230113

Kemahalan, BRI tunda akuisisi perusahaan sekuritas
Oleh Barratut Taqiyyah – Selasa, 22 Januari 2013 | 15:24 WIB
kontan

JAKARTA. Rencana Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk mengakuisisi dua perusahaan sekuritas di tahun ini harus kandas. Bank pelat merah itu menganggap harga yang dibandrol sekuritas itu terlalu mahal.

“Yang satu masih bermasalah dan yang satunya lagi kemahalan,” kata Direktur Utama BRI Sofyan Basir kepada Kompas.com saat ditemui di Lapangan Monas Jakarta, Selasa (22/1).

Menurut Sofyan, satu perusahaan sekuritas ini mengalami masalah keuangan di internal perusahaan. Pihak BRI juga tengah melakukan studi kelayakan (due diligence) terhadap sekuritas ini agar prosesnya lekas rampung dan bisa segera diakuisisi.

“Kalau perusahaan sekuritas itu bisa direstrukturisasi, bisa selesai akuisisinya. Kami ingin menguasai mayoritas, di atas 50%,” tambahnya.

Sofyan juga masih merahasiakan identitas perusahaan sekuritas yang diincar. “Pokoknya saya tidak mau sebut perusahaan sekuritasnya. Yang swasta ini, asetnya kecil namun dia mintanya mahal,” katanya.

Mengenai sumber pendanaan akuisisi, BRI akan memaksimalkan kas internal. BRI juga tidak akan menggunakan dana obligasi rekap yang selama ini mengendap di perbankan. “Soal dana tidak masalah, kami sediakan tunai,” katanya.

BRI telah menyiapkan dana hingga Rp 300 miliar untuk melancarkan aksi korporasi itu. Sofyan mengemukakan, langkah akuisisi ini dilakukan demi memperkuat bisnis BRI di sektor jasa keuangan. (Didik Purwanto/Kompas.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s