maybank pua$ @bnii … 121112

Ditopang BII, Laba Maybank Tembus Rp 12,8 Triliun
Herdaru Purnomo – detikfinance
Minggu, 11/11/2012 14:41 WIB
Jakarta – Bank asal Malaysia, Maybank melaporkan perolehan laba bersih setelah pajak dan kepentingan non pengendali (PATAMI) sebesar RM 4,29 miliar atau setara Rp 12,8 triliun untuk periode sembilan bulan pertama. Perolehan laba tersebut naik tipis 8,2% dari RM 3,63 miliar pada sembilan bulan pertama di 2011.

Pendapatan Maybank juga meningkat 14,8% mencapai RM 12,37 miliar yang didukung oleh pertumbuhan 14,9% pada fund based income dan pertumbuhan 14,8% pada fee based income. Pencapaian ini terutama didukung oleh pertumbuhan yang kuat pada porsi pendapatan dari bisnis internasional terutama Bank Internasional Indonesia (BII), dan pendapatan dari unit Islamic Banking, Investment Banking, dan Perbankan Korporasi.

Kredit Grup terjaga tumbuh dua digit sebesar 10,4% yang terutama disebabkan oleh pertumbuhan yang sehat dari bisnis Community Financial Services, Perbankan Korporasi, Investment Banking dan BII.

Meskipun masih di bawah target Grup sebesar 16,2%, pertumbuhan kredit ini sejalan dengan industri. Untuk operasional Malaysia, kredit tumbuh 12,4% (annualised) melampui industri yang mencatat pertumbuhan sebesar 11,2%. Total Kredit dan Debt Securities tumbuh 9,9%.

Berdasarkan siaran persnya, Minggu (11/11/2012), pendapatan selain bunga (termasuk fee income dari bisnis Islamic Banking dan pendapatan bersih dari bisnis asuransi dan takaful) meningkat 14,8% mencapai RM 4,78 miliar yang terutama disebabkan oleh kenaikan sebesar 63% pada pendapatan investasi dan trading, dan peningkatan sebesar 14,5% pada porsi pendapatan dari komisi, administrasi dan fee.

Fee income dari bisnis Islamic Banking sendiri meningkat sebesar 72% yang terutama disebabkan oleh peningkatan pada primary subscriber fee dari major deals yang diperoleh dari bisnis Investment Banking

Net Fund based income meningkat 14,9% mencapai RM7,59 miliar, dengan net interest margin stabil di 2,46% pada September 2012 dibandingkan 2,40% pada Juni 2012.

Sementara itu, BII terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat dengan meningkatnya pendapatan operasional gross sebesar 18% menjadi Rp 5,58 triliun dari Rp 4,71 triliun pada September 2011.

Pertumbuhan kredit naik sebesar 17,3% secara tahunan diikuti oleh kualitas aset yang membaik dengan mencatat net impaired loans ratio menjadi 0,9% dari 2,7% pada September 2011. Net Interest Margin BII naik menjadi sebesar 5,88% pada September 2012 dibandingkan dengan 5,53% pada tahun sebelumnya.

Chairman Maybank, Tan Sri Megat Zaharuddin Megat Mohd Nor mengatakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan pada sembilan bulan pertama ini mencerminkan kemampuan Maybank dalam mengatasi kondisi ekonomi global dan pada saat yang sama mengoptimalkan sumber daya yang ada serta mengembangkan sektor bisnis baru.

“Kami akan memanfaatkan jaringan global yang kami miliki untuk mengambil peluang-peluang yang ada dalam meningkatkan hasil investasi para pemegang saham. Pada saat bersamaan, kami juga meningkatkan keberadaan brand kami di tengah masyarakat yang dilayani serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja untuk menjaga keunggulan kami di masa datang,” paparnya.

(dru/nia)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s