(maseh) BNII raup rekor LABA … 301012

Perolehan Keuntungan BII Ukir Rekor Baru
Tribunnews.com – Senin, 29 Oktober 2012 21:18 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) membukukan rekor laba bersih setelah pajak dan kepentingan non pengendali (PATAMI) untuk sembilan bulan pertama yang berakhir pada 30 September 2012 sebesar Rp922 miliar atau naik 66 persen.

Tercatat, laba sebelum pajak tercatat mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 62 persen. Capain ini adalah untuk pertama kalinya mencapai Rp1,3 triliun dibandingkan Rp790 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Pencapaian kami pada sembilan bulan pertama 2012 mencerminkan komitmen kami pada pertumbuhan bisnis berkelanjutan, perbaikan kualitas aset, peningkatan efisiensi dan keseluruhan operasional bisnis,” ungkap Presiden Direktur BII, Dato’ Khairussaleh Ramli di Jakarta, Senin (29/10/2012).

Menurut Dato’ Khairussaleh, dengan pencapaian tersebut, ia menargetkan peningkatan pertumbuhan profitabilitas lebih lanjut sejalan dengan fokus BII untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis inti.

Namun demikian BII tetap akan membangun kapasitas dan kemampuan, serta mengembangkan talent yang ada sebagai aset terpenting. “Saya yakin kinerja kami akan terus meningkat sejalan dengan perbaikan fundamentals yang kami lakukan serta meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Selain itu, BII kembali membukukan pertumbuhan kredit yang kuat pada sembilan bulan pertama 2012 dengan portofolio kredit naik 22% dari Rp62,0 triliun pada September 2011 menjadi Rp75,9 triliun pada September 2012.

Kredit Global Wholesale Banking yang merupakan kredit korporasi dan komersial memberikan kontribusi 37% dari total kredit, sementara kredit UKM dan Konsumer masing-masing sebesar 28% dan 35%.

Rasio kredit terhadap simpanan nasabah konsolidasian (LDR) tercatat sebesar 94,26%, sedikit meningkat dari 92,64% pada periode yang sama tahun lalu. LDR Bank saja (tanpa memperhitungkan entitas anak) terkelola dengan baik di level 88,47%, sementara modified LDR konsolidasian yang memperhitungkan obligasi, pinjaman jangka panjang, dan simpanan nasabah tercatat sebesar 81,96% pada 30 September 2012.

Sementara itu, simpanan nasabah tumbuh 20% menjadi Rp79,8 triliun pada 30 September 2012, meningkat dari Rp66,7 triliun pada 30 September 2011. Tabungan tumbuh 14% menjadi Rp16,8 triliun, Giro tumbuh 20% menjadi Rp13,0 triliun, dan Deposito Berjangka tumbuh 22% menjadi Rp50,0 triliun. Pertumbuhan pada simpanan nasabah ini telah memberikan kontribusi terhadap kenaikan total aset menjadi Rp105,6 triliun dari Rp90,9 triliun pada 30 September 2011, atau naik 16%.

Lebih lanjut peningkatan pada kualitas aset dengan rasio kredit bermasalah – kotor (gross NPL) membaik menjadi sebesar 2,08% pada 30 September 2012 dari 2,54% pada 30 September 2011. Rasio kredit bermasalah – bersih (net NPL) membaik menjadi 0,87% dari 1,37%.

Peningkatan pada kualitas aset terutama disebabkan oleh praktik perbankan yang prudent dan disiplin seperti tercermin dalam usaha Bank secara terus menerus memperkuat manajemen risiko dan proses kredit, serta pengawasan yang ketat terhadap portofolio existing debitur.

“Untuk mendukung rencana pertumbuhan, saat ini kami sedang melakukan penerbitan obligasi subordinasi sebesar Rp1 triliun yang akan diperhitungkan dalam modal Tier II. Penerbitan obligasi subordinasi sebesar Rp1 triliun ini dan penerbitan obligasi sebesar Rp2 triliun akan memberikan tambahan likuiditas bagi pertumbuhan bisnis Bank. Kami berharap penerbitan kedua jenis obligasi ini selesai pada akhir Oktober 2012,” jelasnya.

Ke depan, kata dia, telah menetapkan kembali strategi kami dalam melayani seluruh stakeholder sebagaimana dirumuskan dalam visi kami untuk menjadi relationship bank terkemuka di Indonesia yang hadir di tengah-tengah komunitas, memberikan layanan melalui produk dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah serta layanan yang berkualitas tinggi. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s