konsumen YAKIN … 031012

Indeks Kepercayaan Konsumen Turun
Penulis : Anastasia Joice | Selasa, 2 Oktober 2012 | 20:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepercayaan konsumen sedikit menurun pada bulan September 2012. Kekeringan yang melanda sebagian wilayah Indonesia telah sedikit melemahkan kepercayaan konsumen yang tinggal di daerah pedesaan, terutama di wilayah Jawa Tengah. Karena itu, setelah naik 1,0 persen pada bulan Agustus, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) turun sebesar 0,4 persen menjadi 91,9 persen pada bulan September.

Meski demikian, kekeringan hanya bersifat sementara. Karena itu, penurunan IKK pada bulan September diperkirakan tidak akan mengubah tren IKK yang saat ini sedang menguat. Demikian keterangan dari Danareksa Reaserch Institute di Jakarta, Selasa (2/10/2012).

Dari kedua komponen utama yang membentuk IKK pada September, komponen yang menunjukkan keadaan saat ini (Indeks Situasi Sekarang /ISS) turun 0,9 persen menjadi 75,3. Penurunan ini mencerminkan melemahnya kepercayaan konsumen di daerah pedesaan karena masalah kekeringan.

Sementara itu, komponen IKK lainnya yang menunjukkan keadaan masa depan (Indeks Ekspektasi/IE), tidak banyak mengalami perubahan, hanya turun 0,1 persen menjadi 104,5 pada bulan September. Ini berarti optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang masih cukup tinggi.

Seiring dengan optimisme masyarakat yang masih cukup tinggi terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama juga meningkat pada bulan September. Ini merupakan kenaikan pertama kali dalam empat bulan terakhir.

Berdasarkan hasil survei terakhir, sekitar 35,3 persen konsumen yang disurvei berencana untuk membeli barang-barang tahan lama dalam enam bulan mendatang, naik dari 33,4 persen pada bulan Agustus. Setelah Ramadhan dan Idul Fitri berakhir, tampaknya konsumen mulai berencana kembali membelanjakan uangnya untuk barang-barang tahan lama.

Pada survei bulan September, konsumen secara keseluruhan merasa yakin bahwa tekanan inflasi akan terus menurun dalam enam bulan mendatang. Menurut survei terakhir, jumlah konsumen yang merasa yakin bahwa harga barang akan meningkat dalam enam bulan mendatang semakin menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

Secara keseluruhan, indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi turun sebesar 2,8 persen menjadi 185,9 pada bulan September. Ekspektasi penurunan harga barang ini tidaklah mengherankan mengingat harga-harga barang cenderung kembali normal setelah bulan puasa dan perayaan Idul Fitri berakhir.

Sementara itu, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya terus menguat pada bulan September. Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) naik 0,8 persen dari 82,9 menjadi 83,5 pada bulan September. Level ini merupakan level tertingginya dalam tahun ini.

Pada survei terakhir, dua komponen yang membentuk IKKP, meningkat sedangkan tiga komponen lainnya menurun. Komponen yang mengalami peningkatan terbesar adalah komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, indeks yang terkait naik 7,1 persen dari 81,3 menjadi 87,1 pada bulan September yang merupakan level tertingginya dalam tahun ini.
Editor :
Nasru Alam Aziz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s