perBAAAAAAAAAAAANKaaaaaaan … 260912

LPS: Perbankan Indonesia Tumbuh Baik di Tengah Perlambatan Ekonomi Dunia

Rabu, 26/09/2012 12:24 WIB
Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan industri perbankan Indonesia tumbuh dengan baik di tengah perlambatan ekonomi dunia.

Ketua Dewan Komisioner LPS Heru Budiargo menjelaskan kinerja yang kinclong selama beberapa tahun belakangan ini menjadikan perbankan Indonesia menjadi perbankan yang terbaik diantara negara-negara berkembang seperti Cina, India dan Brazil.

Bahkan angka rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) terendah dalam sejarah perbankan yakni dikisaran 2,3 persen gross.

“Perbankan Indonesia dapat dikatakan salah satu yang terbaik di emerging market (negara berkembang),” kata Heru saat memberikan sambutan Seminar LPS di Pacific Place, Jakarta, Rabu (26/9/2012).

Heru juga menjelaskan, saat ini kondisi ketidakpastian ekonomi global muncul yang berasal dari krisis Eropa serta pelemahan ekonomi dari Amerika Serikat serta beberapa negara-negara berkembang. Namun, perbankan Indonesia justru mampu bertahan dengan kinerja yang baik.

“Namun daya tahan perbankan Indonesia sampai saat ini masih dapat dikatakan cukup baik yang ditunjukkan oleh indikator Banking Stability Index LPS yang masih berada dalam kategori normal,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Heru menilai tingkat pertumbuhan kredit saat ini juga telah mencapai tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi yaitu di atas 23 persen dengan NPL yang sangat rendah.

“Rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) mengalami tren menurun dan saat ini berada pada angka terendah sepanjang sejarah dikisaran 2,3% gross,” sebutnya.

Untuk menjaga agar perbankan Indonesia tetap sehat, maka LPS akan terus mengelola perbankan dengan prudent dan konservatif baik di tingkat makro maupun mikro, sehingga akan mencegah terjadinya risiko.

(feb/dru)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s