simpanan BBRI @Rp371 T

Simpanan BRI Capai Rp 371,1 Triliun
Tribunnews.com – Kamis, 6 September 2012 12:46 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Kepercayaan masyarakat untuk menyimpan dananya di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus meningkat. Peningkatan ini diharapkan dapat memperkuat komposisi dana murah dan akhirnya berpengaruh pada ekspansi kredit yang semakin kompetitif.

Hingga Triwulan II-2012, dana pihak ketiga (DPK) atau simpanan BRI mencapai Rp 371,1 triliun. Dana itu terdiri atas Giro sebesar Rp 74,5 triliun, Tabungan Rp 155,7 triliun, dan Deposito Rp140,9 miliar.

“DPK kita mengalami kenaikan signifikan bila dibandingkan dengan Triwulan II-2011 lalu, dimana Giro sebesar Rp 45,3 triliun, Tabungan Rp 123,8 triliun, dan Deposito Rp 125,5 triliun. Artinya, DPK tumbuh 26% dibanding periode yang sama tahun lalu,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali di Jakarta.

Ali menuturkan, kenaikan itu mempengaruhi komposisi dana murah BRI yang mencapai 62% atau sekitar Rp 311.1 T. “Tabungan tumbuh sebesar 25,8% sedangkan giro tumbuh 64,3 %,” imbuh Ali. Dia mengatakan, peningkatan itu menyebabkan penurunan pada biaya dana (Cost of Fund/COF), dari 4,85% di Triwulan II-2011 menjadi 3,86% pada Triwulan II-2012.

Makin Dekat dengan Masyarakat
Selain faktor kepercayaan, dikatakan Ali, peningkatan ini juga merupakan hasil dari ekspansi unit kerja yang dilakukan perseroan. “Jumlah unit kerja BRI pada triwulan II-2012 mencapai 8.618, meningkat lebih dari 1.000 unit kerja dibandingkan periode yang sama tahun 2011 sebanyak 7.374 unit kerja,” ujar Ali.

Selain memperkuat dana murah, dampak kenaikan dana tabungan juga turut menggenjot jumlah pemegang kartu debit BRI, dari 10.5 juta pada tahun 2011 lalu menjadi 13.7 juta di triwulan 2 tahun ini. Sedangkan kenaikkan pemegang kartu debit ini berdampak pada transaksi e-channel.

“Kenaikan jumlah pemegang kartu debit akhirnya mempengaruhi kenaikan transaksi di e-channel BRI,” ujar Ali. Pada tahun 2011 lalu, hanya terjadi 636 juta transaksi, naik signifikan menjadi 817 juta pada Triwulan II-2012. E-channel BRI sendiri saat ini yang tersebar di seluruh Indonesia, mencapai lebih dari 11.111 unit ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan 36.664 EDC (electronic data capture).

Sebuah fakta menarik, saat ini transaksi account BRI telah mencapai 8.8 juta transaksi/hari, artinya hampir 25% dari total nasabah BRI bertransaksi setiap hari. “Dan yang lebih sensasional, setiap 5 menit terjadi 25ribu transaksi account BRI,” ungkap Ali. Hal ini menunjukkan bahwa TI BRI saat ini mampu menyesuaikan dengan tuntutan layanan para nasabah.

Dan dikatakan Ali, peranan TI bagi persaingan industri perbankan sangat menentukan. “Kekuatan berkompetisi khususnya bagi perbankan, Teknologi Informasi (TI) adalah kebutuhan mendasar. Saat ini kita mengembangkan struktur TI yang timely dan akurat. Selain itu aktivitas transaksi menuntut otomatisasi transaksi sehingga TI harus reliable dan accountable,” ujar Ali.
(Aco)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s