gaji bank1r … 220712

Bos Bank Mandiri Tak Setuju Gaji Bankir Tertinggi

Oleh: Mosi Retnani Fajarwati
ekonomi – Sabtu, 21 Juli 2012 | 15:28 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Direktur Utama Bank Mandiri Tbk (BMRI) Zulkifli Zaini meminta agar dilakukan pengecekan ulang atas data gaji bankir yang dinilai paling tinggi dari sederet profesi.

“Gaji bankir tertinggi, itu harus hati-hati apa sudah diteliti atau dicek kebenarannya oleh pihak lain? Misalnya ‘kan ada konsultan terkait remunerasi yang biasa mengeluarkan data-data,” paparnya di Jakarta, akhir pekan ini.

Menurutnya, penentuan gaji bankir sebagai yang tertinggi harus ada pembandingnya terlebih dahulu karena penentuan gaji terpengaruh langsung oleh suplai dan permintaan.

“Apa sudah apple to apple, apa sudah dibandingkan dengan negara lain. Gaji dipengaruhi supply and demand. Tidak bisa bankir minta gaji tinggi, kalau demand enggak ada,” ungkapnya.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zulkifli memiliki kekayaan senilai Rp44,9 miliar dan US$70.891. Selain itu, ia juga memiliki harta tak bergerak senilai Rp3,22 miliar dan surat berharga senilai Rp23,99 miliar.

Kabar bankir dengan gaji tertinggi ini mencuat usai Bank Indonesia (BI) merilis hasil studi tentang perbandingan biaya remunerasi dan gaji direksi maupun karyawan perbankan di empat negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Studi dilakukan pada empat bank besar di masing-masing negara. Hasilnya, kontribusi gaji terhadap biaya overhead perbankan mencapai 2,44% di Indonesia, 1,81% di Filipina, 1,74% di Malaysia, dan 1,34% di Thailand.

Sementara gaji karyawan di perbankan mencapai Rp93 juta per tahun (Filipina), Rp194 juta per tahun (Indonesia), Rp236 juta per tahun (Malaysia), dan Rp300 juta per tahun (Thailand). Di sisi lain, remunerasi direksi perbankan Thailand mencapai Rp2 miliar per tahun, Malaysia Rp5,6 miliar per tahun, dan Indonesia mencapai Rp12 miliar per tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s