utaaa(Rp.2000 T)aanK … 290412

Utang Bukan Bengkak, Tapi Naik

Oleh: Jagad Ananda
ekonomi – Kamis, 26 April 2012 | 19:00 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Tanpa sebab yang jelas, Rahmat Walujanto tiba-tiba bicara soal utang pemerintah. Dirjen Pengelolaan Utang, Kementerian Keuangan ini menampik jika disebutkan bahwa utang RI membengkak.

Betul, secara nilai, total kewajiban pemerintah hingga akhir Maret 2012 mencapai Rp 1.859,43 triliun. Itu berarti, dalam tiga bulan pertama, mengalami kenaikan sebesar Rp 55,94 triliun. Namun, lanjut Rahmat, jika dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (yang pada akhir Februari lalu mencapai Rp 7.226 triliun), rasionya baru mencapai 25,7%.

Apa yang dikatakan Rahmat memang tidak salah. Bahkan jika dibandingkan dengan saat SBY menjadi presiden rasio utang terus mengalami penurunan. Dulu, tahun 2004, beban utang RI mencapai Rp 1.229 triliun dengan PDB Rp 2.295 triliun. Sehingga rasionya waktu itu mencapai 56%.

“Bela diri” yang dipakai Rahmat, sebenarnya, bukan barang baru. Beberapa waktu lalu, SBY juga mengungkapkan hal serupa. Namun, yang perlu diingat dan diperhatikan, utang Indonesia secara nilai tetap membengkak. Bila seluruh rencana pinjaman direalisir, akhir tahun utang RI akan membesar lagi menjadi sekitar Rp 2.000 triliun.

Yang jadi pertanyaan, akankah di penghujung 2012, PDB Indonesia naik menjadi Rp 8.000 triliun sehingga rasionya tetap berada di kisaran 25%? Wallahualam. Yang jelas, utang merupakan salah stau penghambat bagi pendanaan pembangunan di negeri ini. Betapa tidak? Tahun ini saja, Indonesia harus membayar pokok dan bunga utang sebesar Rp 261,21 Triliun. Itu berarti sama dengan 16% dari nilai total APBN Perubahan 2012. [tjs]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s