bnii @CDM … 200112

Nasabah BII Bisa Setor-Tarik Tunai di Satu Mesin
Rabu, 18 Januari 2012 | 15:27
investor daily

JAKARTA – PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) meluncurkan mesin setor tunai atau cash deposit machine (CDM) dengan teknologi terbaru dari perusahaan komputer IBM.

“Mesin ini bukan hanya dapat mempermudah nasabah untuk menyetorkan uang tunai, tapi juga dapat berfungsi untuk mengambil uang tunai sehingga uang dalam mesin selalu berputar,” kata Direktur Perbankan Konsumer BII Stephen Liestyo di Jakarta, Rabu.

Menurut Stephen, BII telah menggunakan CDM sejak 2003, namun mulai 2012 BII memperbaharui layanan CDM dengan sistem cash recycling machine sehingga nasabah dapat memasukkan dan menarik uang sekaligus dalam satu mesin.

Rencananya, ada 50 CDM yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi tertentu seperti kantor cabang BII sehingga nasabah dapat menyetor dan menarik dana kapan saja tanpa harus mengantri di kasir.

“Setoran juga tercatat secara ‘real time’ dan nasabah dapat melakukan penyetoran hingga Rp 20 juta per hari ke rekening sendiri maupun ke rekening orang lain dengan maksimal 99 lembar uang dalam satu kali penyetoran,” tambah Stephen.

IBM menyerahkan 50 CDM baru kepada BII dan rencananya akan menyusul 100 CDM tambahan. Harga satu CDM dapat mencapai US$25.000.

“BII memang mengeluarkan belanja modal (capex) yang cukup besar tahun ini yaitu mencapai US$50 juta untuk meningkatkan layanan kepada nasabah,” kata Kepala Teknologi Informasi BII, YB Hariantono yang juga hadir dalam acara peluncuran tersebut.

Dengan menggunakan lemari besi model UL 291 berbobot sekitar 250 kilogram, Stephen mengklaim bahwa CDM BII terbaru itu dapat menahan serangan pencuri profesional selama 30 menit.

“Bahkan pencuri profesional baru dapat membobol mesin ini selama 30 menit karena CDM ini menggunakan standar lemari besi UL 291, kami juga menyiapkan perangkat keamanan lain seperti satpam dan jaringan pengamanan kartu serta pin, ditambah pengasuransian mesin CDM,” ungkap Stephen. (ant/gor)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s