rupiaaa(INVESTMENT GRADe)aah … 161211

NUSA DUA, Bali: Menteri Keuangan Agus Martowardjojo menargetkan penurunan beban utang, termasuk beban bunga pinjaman, pada 2012, menyusul kenaikan kelas Indonesia ke level investmen grade BBB-.

Menurut Menteri, Indonesia akan memanfaatkan momentum tahun depan untuk masuk pasar, dengan termasuk dengan menerbitkan surat utang.

Akan tetapi, tujuannya lebih pada upaya mengonversi beban utang yang saat ini relatif tinggi dengan utang baru yang berbiaya rendah sejalan dengan penurunan tingkat risiko investasi di Indonesia.

“Tingkat bunga pinjaman utang Indonesia akan turun, setelah masuk investment grade,” ujarnya seusai membuka secara resmi seminar 2 hari bertema Transforming Capital Inflow into Real Investment Throuhg Sound Fiscal Policy hari ini.

Meski menerbitkan surat utang baru, menurut Menkeu, pihaknya menargetkan beban pinjaman (pokok) utang tidak bertambah. Dengan demikian, dengan asumsi beban bunga yang lebih rendah maka total utang Indonesia akan bisa ditekan.

“Ini karena kami punya target peningkatan pendapatan dari sektor pajak, cukai, dan sumber daya alam,” katanya.

Menteri menyatakan leverage Indonesia yang ditunjukkan oleh rasio utang terhadap gross domestic bruto saat ini sudah jauh lebih baik. Rasio utang Indonesia, menurut Menteri, pernah mencapai 90% akan tetapi saat ini ada di kisaran 26%-25%.

Setelah masuk ke level investment grade yang akan mendorong investasi, termasuk di sektor riil, pertumbuhan GDP akan terpacu sehingga rasio utangnya akan lebih rendah lagi.

Investment grade diyakini akan mendorong transformasi komposisi investasi yang didominasi portofolio berjangka pendek ke investasi yang berjangka panjang.

http://www.bisnis.com/articles/beban-utang-indonesia-akan-turun

Sumber : BISNIS.COM
Rupiah Tunggu Euforia “Investment Grade”
| Erlangga Djumena | Jumat, 16 Desember 2011 | 10:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarBank di Jakarta Jumat(16/12/2011) pagi belum bergerak harganya atau stagnan diposisi Rp 9.080. Hal ini lantaran masih adanya kekawatiran resesi di Uni Eropa membuat pelaku pasar belum aktif masuk ke pasar uang.

“Namun, pasar Indonesia akan euforia menyambut peringkat investasi yang diberikan oleh lembaga pemeringkat Fitch,” kata analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat.

Ia mengemukakan, Fitch salah satu badan peringkat dunia menaikkan peringkat utang Indonesia dari BB+ (double B plus) menjadi BBB- (triple B minus) kemarin (15/12), sebagai peringkat investasi seperti 15 tahun yang lalu. “Kendati cukup mengejutkan, karena sebelumnya diperkirakan baru akan diberikan pada tahun 2012, tetapi investor sudah memfaktorkan kemungkinan tersebut mengingat perkembangan kinerja makro Indonesia yang solid, pertumbuhan ekonomi bertahan tinggi di 6,5 persen dengan tingkat inflasi yang rendah (kurang dari emat persen),” kata dia.

Ia menambahkan, nilai tukar yang stabil terhadap mata uang asing seperti dolar AS, disertai anggaran dengan tingkat defisit yang rendah dan rasio utang produk domestik bruto (PDB) yang sehat. “Pada 24 Februari 2011 lalu, Fitch menaikkan outlook Indonesia dari stabil menjadi positif. Kenaikan peringkat ini membuat risiko investasi di Indonesia berkurang dan semakin memikat investor asing ke pasar Indonesia,” kata dia.

Sementara sentimen positif dari eksternal datang dari AS, Lana mengatakan, pasar Asia diperkirakan kembali positif hari ini, karena ada perbaikan sentimen pada data ekonomi AS yang positif. “Sentimen pasar kembali positif dengan perbaikan data ekonomi dari AS. Jobless claims pada minggu lalu turun 19 ribu menjadi 366 ribu, terendah sejak Mei 2008,” kata dia.

Ia mengatakan, salah satu data yang membaik itu membuat keyakinan ekonomi AS akan menuju pemulihan sebagaimana yang diharapkan ditengah krisis utang yang masih melanda Uni Eropa (UE) yang belum dapat dikendalikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s