laba GEDE@bank BESAR … 081211

Rabu, 07/12/2011 17:24 WIB
Apa Salahnya Bank Punya Laba Besar?
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Industri perbankan terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hingga September 2011, total laba bank-bank umum mencapai Rp 56,748 triliun. Sedangkan bank BUMN Rp 24,36 triliun.

Terus meningkatnya laba, menurut Direktur Utama Bank Central Asia (BCA), Jahja Setiaatmadja adalah hal yang wajar. Di tengah kompetisi yang semakin tepat, khususnya pada tingkat regional.

“Profit besar penting untuk persaingan. Kalau mau meningkatkan loan, kapital harus cukup. Dan dari mana? Salah satunya profitabilitas,” kata Jahja di International MidPlaza, Jakarta, Rabu (7/12/2011).

Laba juga penting untuk ekspansi perbankan di masa mendatang dan memberi keuntungan kepada pemegang saham. Bandingkan dengan penerbitan saham baru melalui rights issue.

“Kalau rights issue, akan ada yang terdelusi. Padahal bank growth terus. Profit besar untuk sama-sama berkembang,” paparnya.

Dengan kinerja yang baik, bank lokal juga dipercaya akan mampu bersaing di ASEAN. Total aset perbankan nasional, masih jauh dibandingkan satu bank di negara Singapura ataupun Malaysia.

Sampai dengan September, berdasarkan data Bank Indonesia, bank umum dalam negeri mencatat laba Rp 56,74 triliun, naik Rp 13 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Rp 43,36 triliun. Pendapatan operasional bank umum sampai triwulan III-2011 mencapai Rp 287,63 triliun, naik dari periode sebelumnya Rp 258,48 triliun.

Sedangkan bank-bank BUMN mencatat laba Rp 24,36 triliun, naik dari periode yang sama tahun lalu Rp 16,2 triliun. Pendapatan operasional bank BUMN ini juga naik dari September 2010 Rp 87,24 triliun menjadi Rp 107,31 triliun.

(wep/ang)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s