bbri, bnii $3H47 … 081211

JAKARTA–MICOM: Pengamat ekonomi Tony Prasetyantono mengatakan kondisi perbankan nasional hingga saat ini masih dalam kedaaan sehat dan belum terkena dampak krisis keuangan kawasan Eropa.

“Dampak krisis belum terlihat di tahun 2011 ini, perbankan masih berada dalam kondisi yang baik dan akan menjadi modal signifikan untuk menghadapi turbulensi pada tahun depan,” kata Tony di Jakarta, Rabu (7/12).

Menurut pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu, kinerja perbankan saat ini masih lebih baik dari krisis sebelumnya pada tahun 2008. Hal itu terlihat dari angka rasio kecukupan modal (CAR) perbankan nasional sekitar 16,7 persen dan rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) sebesar 2,7 persen.

Tony juga mengamati bahwa dari sektor perdagangan, diperkirakan pada 2012 Indonesia masih akan surplus 20 miliar dolar AS, walaupun saat ini pasar belum dapat memprediksi masa depan zona Eropa.

Menurut dia, ada dua opsi yang ditawarkan untuk negara-negara Eropa, yakni mempertahankan mata uang euro namun harus ada bailout (pengambilalihan) dari negara lain seperti Jerman dan Prancis, sementara opsi kedua adalah membubarkan euro.

“Memberi bailout Yunani artinya memberi bailout untuk euro dan dunia, jadi menyelamatkan dunia secara sistemik. Yunani kalau mau sembuh dari krisis, perlu memiliki mata uang sendiri yang bukan euro, yang akan terdepresiasi,” jelasnya. (Ant/OL-04)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/08/282193/20/2/Perbankan-belum-Terimbas-Krisis-Eropa

Sumber : MEDIA INDONESIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s