rupiaaa(9160)aah … 301111

JAKARTA- Nilai tukar rupiah pada Rabu sore (30/11) menguat kembali (rebound) 50 poin didorong Bank Indonesia (BI) yang terus mengintervensi pasar uang untuk menjaga mata uang dalam negeri agar tidak terkoreksi terlalu dalam.

Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS antarBank Jakarta pada Rabu sore bergerak naik 50 poin ke posisi Rp9.110 dibanding hari sebelumnya Rp9.160.

“Rupiah sangat terpengaruh dengan sentimen negatif pasar global sehingga BI perlu secara terus-menerus mengintervensi sehingga rupiah menguat,” kata analis pasar uang dari Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, selain melakukan intervensi di valuta asing, BI juga terlihat melakukan intervensi di pasar surat utang negara (SUN).

Ia mengemukakan, posisi kepemilikan BI di SUN naik dari Rp4,9 triliun di awal November atau naik 25 persen menjadi Rp9,61 triliun pada 25 November lalu.

Kepemilikan bank di SUN, kata dia, juga naik dari Rp247,91 triliun pada akhir Oktober menjadi Rp267,19 triliun pada 25 November lalu.

Meski demikian, kata dia, kekhawatiran mengenai krisis utang Uni Eropa (UE) membayangi pergerakkan rupiah ditambah dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS yang melambat.

“Kondisi itu membuat lembaga pemeringkat Fitch menurunkan outlook utang AS dari stabil menjadi negatif, walaupun peringkat utang tetap di posisi AAA (triple A),” kata dia.

Sementara, tambah dia, dari Uni Eropa Hongaria juga terkena pemangkasan peringkat oleh Moody?s dari “Baa3” (peringkat investasi) menjadi “Ba1” atau turun satu tingkat dibawah peringkat investasi.

“Tampaknya perkembangan isu krisis utang terus menjalar ke negara-negara lain di UE diluar lima negara PIIGS (Portugal, Irlandia, Italia, Yunani, dan Spanyol). Hal ini menimbulkan merosotnya keyakinan investor terhadap kekuatan UE,” katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada, Rabu (30/11) tercatat mata uang rupiah bergerak naik ke posisi Rp9.170 dibanding sebelumnya Rp9.185 per dolar AS.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/marketandcorporatenews/rupiah-rabu-sore-rebound-50/25374

Sumber : INVESTOR DAILY

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s