keMISKINan + AJI mumpunG = kacian de elo :P

JAKARTA – Hasil study World Bank 2010 menunjukan hanya separuh penduduk Indonesia yang melek akses perbankan formal, artinya setengah penduduk tidak punya akses ke lembaga keuangan formal.

Oleh karena itu, Bank Indonesia (BI) akan mengembangkan keuangan inklusif, yaitu kegiatan menyeluruh yang bertujuan meniadakan segala bentuk hambatan terhadap akses masyarakat dalam memanfaatkan layanan jasa keuangan, dengan dukungan berbagai infrastruktur.

Deputi Gubernur BI Muliaman D Haddad mengatakan, keuangan inklusif telah menjadi isu global di antara negara berkembang dan negara maju, serta telah menjadi topik bahasan di berbagai forum internasional.

“Ini perlunya memperluas layanan keuangan kepada masyarakat karena hasil survey rumah tangga yang dilakukan BI pada 2010, terdapat fakta 62 persen rumah tangga tidak memiliki tabungan,” jelas Muliaman di Jakarta, Jumat (25/11/2011).

Lebih lanjut dia mengatakan, isu keuangan inklusif ini juga dibahas di KTT G20 di Toronto pada Juli 2010. Dari pembicaraan tersebut, lahirlah sembilan prinsip untuk inovasi keuangan inklusif. “Sembilan prinsip ini sudah dielaborasi oleh Tim ahli keuangan iklusif oleh G20 untuk diturunkan menjadi sejumlah rekomendasi bagaimana meningkatkan akses ke layanan keuangan bagi penduduk miskin,” jelasnya.

Kesembilan prnsip ini, mencakup berbagai aspek yang luas yaitu kepemimpinan, keragaman, inovasi, perlindungan, pemberdayaan, kerja sama, pengetahuan, proporsionalitas, serta kerangka aturan.

“Saat ini telah disusun lima pilar kegiatan keuangan inklusif dan lima produk utama yang akan menjadi obyek dalam kegiatan keuangan inklusif. Lima kegiatan utama adalah edukasi keuangan, pemetaan informasi keuangan, fasilitas intermediasi, saluran distribusi, dan regulasi yang mendukung,” jelasnya.

Produk keuangan utama yang menjadi objek dalam kebijakan keuangan inklusif adalah Tabungan, Kredit, Sistem Pembayaran, Asuransi yang terkait Kredit serta Produk/Jasa keuangan lainnya untuk UMKM.

http://economy.okezone.com/read/2011/11/25/457/534025/62-rumah-tangga-tidak-memiliki-tabungan

Sumber : OKEZONE.COM

… the poorer getting poorer … yang miskin makin miskin 😦

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s