bbri berencana akuisisi 2012 … 171111

BRI siapkan Rp2,5 triliun untuk akuisisi perusahaan sekuritas

Oleh Rika Novayanti

Kamis, 17 November 2011 | 15:09 WIB

bisnis indonesia

JAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menyiapkan Rp2 triliun–Rp2,5 triliun untuk merealisasikan rencana akuisisi, baik lembaga keuangan maupun non-lembaga keuangan.

Direktur Utama bank rakyat Indonesia (BRI) Sofyan Basir mengaku sudah menyiapkan sumber dana dan tertarik mengakuisisi sekuritas pada tahun depan.

“Sekuritas bagus, menarik. Bobotnya lebih menarik ke sekuritas. Namun bank juga bagus prospeknya,” ujarnya usai seminar Menuju World Class BUMN, hari ini.

Selain tertarik mengakuisisi sekuritas, Sofyan mengaku selalu tertarik untuk mengakuisis bank. Bahkan rencana tersebut akan dimasukkan dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun depan, serta akan dibicarakan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Dia menilai saat ini sumber dana perseroan masih memadai. Selain itu apabila rasio pembayaran dividen (dividend payout ratio) yang ditetapkan bagus dengan perolehan laba memadai maka perseroan tidak perlu mencari sumber pembiayaan lain, baik untuk akuisis maupun untuk menjaga modal.

“Kalau dari segi laba dan dividend payout ratio sangat menarik seperti kemarin tidak perlu obligasi untuk pertumbuhan CAR [capital adequacy ratio/ rasio kecukupan modal], pertumbuhan 20%–25% [dari segi bisnis], atau untuk akuisisi,” tegasnya.

Hingga saat ini BRI memang belum memiliki lini bisnis sekuritas. Padahal perusahaan BUMN lain seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk masing-masing telah memiliki BNI Securities dan Mandiri Sekuritas. (faa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s