rupiaaa(8985)aah … 021111

JAKARTA-Pengamat pasar, Ifan Kurniawan mengatakan, krisis utang di Eropa yang tak menentu penyelesaiannya merupakan salah satu faktor penyebab merosot rupiah hingga mendekati level Rp9.000 per dolar.

Masih tak menentu penyelesaian krisis itu mengakibatkan dolar AS di pasar uang regional menguat terhadap mata uang utama Asia yang akhirnya mengimbas ke pasar domestik, khususnya rupiah, katanya di Jakarta, Rabu (2/11).

Rupiah di pasar spot antarbank turun 85 poin menjadi Rp8.985 per dolar AS dari sebelumnya Rp8.850.

Ifan Kurniawan yang juga analis PT First Asia Capital, mengatakan, krisis tersebut mendorong para pelaku asing membeli dolar AS sehingga mengalami kenaikan yang cukup tajam.

Aksi beli pelaku asing itu juga didukung oleh upaya Jepang yang melakukan intervensi pasar untuk menekan yen agar melemah setelah beberapa hari lalu menguat tajam, ucapnya.

Krisis utang Eropa itu, lanjut dia semula mendapat kesepakatan Uni Eropa yang siap menambah dana talangan dari 440 miliar euro menjadi 1 triliun euro.

Namun krisis utang tersebut memerlukan proses yang cukup lama, ucapnya.

Selain itu, lanjut dia melambatnya pertumbuhan ekonomi negara tirai bambu juga memberikan dampak negatif terhadap pergerakan rupiah.

Indeks manufaktur China dilaporkan turun pada Oktober 2011 menjadi 50,4 dari bulan sebelumnya (September) 51,2, katanya.

Faktor-faktor tersebut, lanjut dia mendorong pelaku asing makin memburu dolar, sehingga rupiah dalam dua hari berturut-turut terus melemah.

Apabila kondisi pasar seperti itu berlanjut maka rupiah akan makin terpuruk hingga menembus level Rp9.000 per dolar, ucapnya.

Menurut Ifan Kurniawan, Bank Indonesia (BI) akan turun ke pasar melakukan intervensi agar penurunan rupiah tidak terlalu cepat, akibat menguatnya dolar AS.

Otoritas moneter saat ini masih belum melakukan intervensi, namun mereka siap menjaga rupiah agar tidak meliwati angka Rp9.000 per dolar, ucapnya.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/marketandcorporatenews/kurniawan-krisis-eropa-penyebab-rupiah-melemah/23393

Sumber : INVESTOR DAILY

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s