pengurangan @perbankan indon … 211011

Wah, simpanan valas turun Rp7 T

Oleh Donald Banjarnahor

Rabu, 19 Oktober 2011 | 20:59 WIB

bisnis indonesia

JAKARTA: Simpanan masyarakat berbentuk valuta asing di perbankan nasional pada Agustus lalu turun sekitar Rp7,97 triliun dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Menurut statistik perbankan Agustus 2011 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, jumlah dana masyarakat berbentuk valuta asing (valas) mencapai Rp346,64, turun sekitar R7,97 triliun atau 2,24% dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar Rp354,61 triliun.

Penurunan dana pihak ketiga (DPK) valas terjadi pada rekening giro yang mencapai Rp145,35 triliun dibandingkan dengan bulan sebelumnya Rp155,7 triliun.

Selain itu penarikan dana valas juga terjadi pada rekening tabungan yang turun menjadi Rp56,67 triliun dari sebelumnya Rp57,67 triliun. Sebaliknya dana valas pada deposito meningkat menjadi Rp144,63 triliun dari Rp141,24 triliun.

Memang penurunan DPK dalam valuta asing tidak sekali ini saja terjadi pada 2011. Dalam statistik yang sama terlihat DPK valas cenderung fluktuatif dalam beberapa bulan, berbeda dengan dana berdenominasi rupiah yang terus meningkat sejak awal tahun, meskipun sempat menurun pada Februari 2011.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan tren penurunan DPK valas tidak terjadi di perseroan. “Tidak ada masalah. Dana masih tumbuh jadi kami tidak melihat tren penarikan dana,” ujarnya hari ini.

Menurut dia, penurunan dana tersebut bisa disebabkan karena sejumlah perusahaan menarik dana di bank yang digunakan untuk modal kerja dan investasi. “Kalau kami memandang positif saja, bahwa itu mulai digunakan untuk perusahaan untuk menumbuhkan bisnisnya,” ujarnya. (arh)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s