saving is the crises solution … 171011

Sektor Keuangan tak Rapuh, Indonesia Mampu Hadapi Krisis
Jumat, 14 Oktober 2011 | 16:57
investor daily

JAKARTA – Anggota Komite Ekonomi Nasional (KEN) Nina Sapti Triawati menilai, sektor keuangan Indonesia tidak rapuh sehingga masih dapat terjaga dalam menghadapi dampak krisis global yang diprediksi akan menerpa Indonesia.

“Dalam menghadapi krisis global, untungnya Indonesia tidak terlalu terbuka dan sektor keuangannya tidak terlalu rapuh,” kata Nina Sapti dalam diskusi “MP3EI dan Antisipasi Penyerapan APBN terhadap Krisis Global” yang digelar di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, salah satu faktor penyebab mengapa sektor keuangan Indonesia dinilai tidak terlalu rapuh antara lain karena sebagian besar masyarakat masih banyak yang menyimpan uangnya dalam tabungan.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa adalah penting bagi Indonesia untuk mengembangkan pasar keuangan apalagi sektor yang diperkirakan akan mengalami dampak terbesar adalah sektor keuangan/perbankan. “Kalau ada krisis, yang penting adalah bagaimana protokolnya dapat mengatasi dengan cepat,” katanya.

Sementara itu, pembicara lainnya Direktur Financial Reform Institute Muhammad Husni Thamrin mengatakan, berbagai pihak tetap harus siap sedia dalam menghadapi krisis.

Menurut Husni Thamrin, Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang telah dibuat pemerintah dapat menjadi salah satu upaya Indonesia dalam mengantisipasi dampak dari krisis global.

“Namun hal itu juga tergantung kepada sejauh mana MP3EI dapat benar-benar terimplementasikan dengan baik,” katanya. (gor/ant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s