BANK, bang, WA$PADALAH … 031011

Meski kondisi perbankan Indonesia aman dari dampak negatif krisis di Eropa dan AS, mereka harus mewaspadai tingkat non performing loan (NPL) dari kredit yang diberikan.

Demikian dikatakan pengamat ekonomi Aviliani di Jakarta akhir pekan lalu. “Kondisi perbankan kita dari sisi basis kredit itu sebenarnya tidak memiliki problem yang besar saat ini. Tapi, apabila pemerintah tidak menggerakkan sektor riil dengan segera, misalnya kalau negara lain krisis infrastruktur menjadi salah satu cara memperbaiki suatu negara atau mengurangi dampak krisis. Kalau investasi di sektor infrastruktur jalan maka perbankan tidak akan mengalami NPL yang tinggi,” ucapnya.

Tapi apabila setor riil tidak jalan, imbuhnya, NPL akan tinggi sehingga akan menjadi problem bagi perbankan. “Oleh karena itu, sangat ditunggu kebijakan pemerintah untuk mempercepat infrastruktur. Kalau infrastruktur jalan maka kita nggak usah khawatir krisis itu bisa diantisipasi,” tegasnya.

Bagaimana cara membiayai infrastruktur? Aviliani memberikan solusi yang pertama adalah dengan tukar guling. “Kita sudah melakukan dibeberapa daerah , tapi belum dilakukan secara nasional. Di daerah Bengkulu kalau tidak salah, investor membangun infrastuktur tertentu di daerah tersebut sesuai dengan aturan yang dibuat pemerintah kemudian mereka ada konses” tukasnya..

Cara yang kedua, jelasnya, adalah sekarang ini di MP3EI sudah ada perencanaan dari swasta maupun BUMN dalam implementasi dalam belanja modal. “Tapi, dalam implementasinya belum terjadi. Kalau ini bisa dipercepat ini bisa membantu pemerintah dalam mengantisipasi krisis,” tuturnya.

http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1780996/ekonom-peringatkan-npl-perbankan

Sumber : INILAH.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s