bbri @10be$ar FORbe$ … 060911

BRI masuk 10 besar versi Forbes Indonesia

Oleh Rika Novayanti

Selasa, 06 September 2011 | 11:59 WIB

bisnis indonesia

JAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia masuk dalam jajaran Top Ten Companies 2011 dengan total penjualan US$1 miliar yang diselenggarakan Majalah Forbes Indonesia.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengatakan hal tersebut ditunjang oleh kinerja perseroan di pasar keuangan mikro serta ekspansi jaringan.

”Dari sisi daya saing, Bank BRI semakin teratas di pasar, ini tidak lepas dari ekspansi jaringan kita yang sekarang merupakan yang terbesar dan tersebar di pelosok nusantara,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini.

Menurut dia, BRI merupakan satu-satunya wakil dari industri perbankan yang masuk dalam jajaran Top Ten Companies 2011 tersebut.

Ali menambahkan, selain BRI, sejumlah perusahaan nasional yang masuk dalam kategori tersebut adalah PT Sinar Mas Multiartha, PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Japta Comfeed Indonesia dan PT Adaro Energy.

Beberapa perusahaan lain yang juga masuk dalam kategori tersebut antara lain PT Gajah Tunggal, dan PT Indomobil Sukses Internasional, PT AKR Corporindo, PT Semen Gresik, dan PT Indocement Tunggal Prakasa.

Dia mengungkapkan indikator penilaian Forbes tersebut berdasarkan pada konsistensi pendapatan operasional perusahaan dalam 5 tahun terakhir dan penjualan selama 5 tahun.

Selain itu Forbes juga menilai peningkatan harga saham dalam setahun, dan pertumbuhan laba per lembar saham (earning per share/ EPS) perusahaan dalam 3 hingga 5 tahun terakhir.

Metode tersebut, lanjut Ali, diharapkan dapat menemukan perusahaan yang memiliki kinerja konsisten dalam jangka panjang di berbagai industri, serta memiliki tata kelola dan likuiditas yang baik. (faa)
BRI Masuk 10 Besar Perusahaan Versi Forbes
Ester Meryana | Heru Margianto | Selasa, 6 September 2011 | 11:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk masuk dalam sepuluh besar perusahaan (top ten companies) 2011 versi Forbes Indonesia edisi Agustus 2011 dengan total penjualan di atas 1 miliar dollar AS. BRI pun menjadi satu-satunya perusahaan perbankan dalam peringkat sepuluh besar tersebut.

Penilaian Forbes ini dilandaskan pada beberapa indikator yakni konsistensi pendapatan operasional perusahaan dalam lima tahun terakhir, penjualan selama pertumbuhan earning per share (EPS) perusahaan tiga hingga lima tahun terakhir.

Terhadap pencapaian ini, Sekretaris Perusahaan BRI, Muhammad Ali mengatakan, prestasi ini tidak lepas dari semakin kompetitifnya Bank BRI di pasar keuangan mikro serta ekspansi jaringan yang kian masif dilakukan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir.

“Dari sisi daya saing, Bank BRI semakin teratas di pasar, ini tidak lepas dari ekspansi jaringan kita yang sekarang merupakan yang terbesar dan tersebar di pelosok nusantara,” sebut Ali, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/9/2011).

Hingga 26 Agustus 2011, BRI pun telah mencatat kapitalisasi pasar saham BUMN terbesar di Bursa Efek Indonesia sebesar Rp 159.96 triliun.

Selain BRI, sembilan perusahaan lainnya yang masuk dalam sepuluh besar perusahaan terbaik versi Forbes Indonesia ini, yaitu PT Sinar Mas Multiartha, PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Japta Comfeed Indonesia, PT Adaro Energy, PT Gajah Tunggal, dan PT Indomobil Sukses Internasional, PT AKR Corporindo, PT Semen Gresik, dan PT Indocement Tunggal Prakasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s