LEBARAN @bbri … 050911

Nasabah serap Rp15,3 triliun cash BRI untuk Lebaran

Oleh Donald Banjarnahor

Minggu, 04 September 2011 | 18:43 WIB

JAKARTA: Seluruh dana yang dipersiapkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk pada liburan Lebaran lalu habis diserap oleh nasabah.

Kini, BRI siap menghimpun kembali dana nasabah pada hari pertama setelah libur. “Uang yang disediakan untuk menghadapi dan operasional Lebaran sebesar Rp15,3 triliun terserap seluruhnya oleh nasabah,” ujar Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI, kepada Bisnis hari ini.

Sebagian besar dana tersebut, yakni Rp9,51 triliun disiapkan bank terbesar kedua dari sisi aset ini pada 6.794 anjungan tunai mandiri (ATM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan karena perseroan mengandalkan ATM dalam melayani kebutuhan nasabah selama libur. ”ATM akan kami persiapkan secara maksimal, karena penggunaan e-channel tertinggi selama hari raya adalah ATM,” ujarnya.

Dia menjelaskan kenaikan penggunaan ATM terjadi di awal Ramadhan, yang meningkat 11,76% menjadi 1,53 juta transaksi perhari. Sementara nominal transaksi ATM hingga mencapai Rp770 milyar perhari dengan kenaikan dari awal Ramadhan sebesar 10,82%.

Pasca libur lebaran, jelas Ali, biasanya transaksi nasabah akan didominasi oleh penyetoran dana tunai. “Ada persiapan di sejumlah cabang untuk mengantisipasi lonjakan penyetoran dana, karena selama libur kemarin BRI hanya melayani nasabah dengan operasional terbatas.”

Sementara itu, lanjutnya, untuk aktifitas nasabah secara keseluruhan belum akan maksimal pada Senin besok dan akan pulih secara bertahap.

“Senin kami perkirakan 65% aktivitas nasabah sudah berjalan dan rabu sudah mencapai 100%. Adapun operasional seluruh unit kerja sudah berjalan 100% pada Senin.” (arh)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s