(ayo) KELOLA data bbri, beneran … 260811

JAKARTA: Permasalahan manajemen data terus menghambat keberhasilan pengembangan strategi manajemen risiko likuiditas yang efektif sehingga diperlukan solusi kolaborasi untuk menyelesaikan masalah data yang mendasar.

Menurut white paper terbaru yang dikeluarkan SWIFT hari ini, organisasi penyedia pesan keuangan untuk lebih dari 9.700 lembaga keuangan dan perusahaan di 209 negara, sebagian besar isu-isu tersebut hanya bisa diselesaikan melalui solusi kolaboratif.

Temuan white paper yang bertajuk Mengelola risiko likuiditas: solusi kolaboratif untuk meningkatkan analisa dan posisi manajemen diperoleh berdasarkan hasil survei pasar yang dilakukan oleh SWIFT secara mendalam atas 40 manajer kas, manajer likuiditas dan manajer risiko pada lembaga keuangan di seluruh dunia.

Para responden riset mengidentifikasi ada enam tantangan utama manajemen data yang harus diatasi untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen agar sukses dalam mengelola risiko likuiditas dan untuk dapat memenuhi persyaratan peraturan di wilayah ini.

Meningkatkan manajemen risiko likuiditas memerlukan sebuah dashboard dan analisa – yang mana keduanya memerlukan data. Pengelolaan likuiditas intraday merupakan bagian integral dari strategi manajemen risiko likuiditas yang baik.

“Sebab minimnya data intraday dapat menyebabkan keterlambatan dalam mengidentifikasi kesenjangan antara posisi perkiraan arus masuk dan keluar dengan posisi yang sebenarnya,” tulis laporan tersebut.

Kesenjangan tersebut dapat menyebabkan terjadinya biaya keuangan yang cukup besar sebagai akibat dari over-kolateral, biaya kredit, biaya pendanaan, biaya overdraft, dan buffer likuiditas yang lebih besar.

Sehingga dengan berinvestasi dalam manajemen likuiditas yang real-time tidak saja berarti dapat mematuhi peraturan dan mitigasi risiko: melakukan hal tersebut bahkan dapat menghemat uang bank secara nyata.

Responden survei menunjukkan bahwa mereka merasakan kekurangan dalam beberapa hal a.l. melihat gambaran posisi kas intraday dalam berbagai mata uang (93%), analisa dan intelijen bisnis untuk risiko likuiditas yang siap pakai (91%), fungsi manajemen kolateral dan kas interaktif dalam infrastruktur pembayaran (89%).

http://www.bisnis.com/articles/manajemen-data-hambat-langkah-manajemen-risiko-likuiditas

Sumber : BISNIS.COM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s