paralyzed: rupiaaa(8543)aah … 230811

Pergerakan rupiah pagi ini tak banyak mengalami perubahan , mendekati level paling perkasa dalam tujuh tahun terakhir.

Menurut Iwan Ridwan Gunandar, foreign-exchange trader PT CIMB Bank Niaga, volume transaksi rupiah turun menjadi sekitar US$ 300 juta per hari dari sekitar US$ 700 juta hari biasa. Ada spekulasi, the Federal Reserve akan mengumumkan kebijakan quantitative easing 3 yang dapat mendongkrak suplai dollar pada pertemuan yang akan digelar di Jackson Hole, Wyoming, pekan ini. Hal itu akan meningkatkan jumlah dana yang bisa ditransaksikan di pasar emerging market dengan yield tinggi, seperti Indonesia.

“Pasar saat ini sudah masuk ke dalam mood liburan,” kata Ridwan. Dia menambahkan, jika AS tetap mempertahankan kebijakan moneter longgar, dana asing akan lebih banyak lagi masuk ke Indonesia.

Catatan saja, pada pukul 09.13, rupiah ditransaksikan pada level 8.543 per dollar dari 8.544 kemarin. Pada 2 Agustus lalu, rupiah menyentuh level 8.453, level paling perkasa sejak Maret 2004. Ridwan memprediksi, rupiah akan bergerak pada kisaran 8.525 dan 8.575 pada akhir pekan ini.

http://investasi.kontan.co.id/v2/read/1314070354/76022/Rupiah-ditransaksikan-mendekati-level-paling-perkasa-dalam-tujuh-tahun

Sumber : KONTAN.CO.ID

Langkah Bank Indonesia (BI) membeli Surat Utang Negara (SUN) menggunakan dollar dari cadangan devisa dinilai bukan saja menjaga kestabilan nilai tukar rupiah melainkan juga mampu memperkuat daya tahan pasar obligasi (bond market) di Indonesia. Bahkan, hal ini juga bisa menjadi dukungan bagi pasar obligasi ke depan.

“Dengan BI masuk, bisa menstabilkan bond market kita yang exposure-nya besar terhadap asing. Dana asing merupakan sumber cadangan devisa jadi kalau ada apa-apa dana itulah yang kita keluarkan. Jangan hanya dikekep, sementara pemerintah berjibaku sendiri,” ujar Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti dalam diskusi dengan media, Senin (22/8).

Destry menambahkan, upaya BI membereskan nilai tukar sekaligus pasar obligasi sudah merupakan bagian dari crisis protocol management. Tindakan yang diambil tergantung pada sinyal yang menyala, yakni waspada, siaga atau krisis. Masing-masing sinyal ditandai dengan patokan basis poin penurunan indeks di elemen investasi. Baik di obligasi maupun saham.

Bank Mandiri optimistis kestabilan dan penguatan rupiah meski terbatas masih akan terjadi. Hingga akhir 2011 Bank Mandiri memperkirakan rupiah akan menguat ke level Rp 8.450 per dollar AS dan Rp 8.317 per dollar AS di akhir 2012.

http://keuangan.kontan.co.id/v2/read/1314069217/76018/Riset-Bank-Mandiri-Rupiah-akan-stabil-karena-intervensi-BI

Sumber : KONTAN.CO.ID

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s