200Mdolar@2011 … 150811

Target pemerintah mencetak nilai ekspor sebesar US$ 200 miliar pada akhir tahun bakal membuat Indonesia mengejar India dan Brazil. “India dan Brazil bisa menggandakan ekspornya dalam lima tahun. Diprediksi berikutnya Indonesia,” ungkap Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemdag) Deddy Saleh, Senin (15/8).

Hingga kini, hanya ada 12 negara maju dan delapan negara berkembang yang tercatat bisa menyentuh nilai ekspor US$ 200 miliar. Pencapaian tercepat diraih oleh Belgia yang mampu menggandakan nilai ekspor dalam kurun waktu tiga tahun.

Sementara Malaysia membutuhkan waktu tujuh tahun, Mexico delapan tahun, Korea Selatan sembilan tahun, dan China enam tahun. Adapun Singapura butuh waktu sepuluh tahun, Jepang tujuh tahun, Italia delapan tahun, dan Spanyol sepuluh tahun.

Untuk pencapaian terlama diraih Jerman selama 12 tahun, Inggris 14 tahun, dan Saudi Arabia selama 12 tahun. Apabila target ekspor US$ 200 miliar bisa tercapai akhir tahun ini, maka Indonesia akan mengalahkan Jepang dan Singapura yang membutuhkan waktu lebih lama dalam menggandakan nilai ekspor.

Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu pun optimistis target itu bakal tercapai. Sebab, ekspor Indonesia tumbuh rata-rata 30% per tahun. “Kalau tumbuh di atas 30% maka ekspor tahun ini bisa tembus lebih dari US$ 200 miliar,” ungkapnya.

Sekadar catatan, ekspor Indonesia selama semester I-2011 mencapai US$ 98,6 miliar, dengan US$79,1 miliar di antaranya merupakan sumbangan sektor non migas. Adapun target ekspor US$ 200 miliar lebih tinggi dari target awal pemerintah yang sebesar US$ 168 miliar. “Track record ekspor paruh kedua biasanya lebih tinggi ketimbang semester pertama,” ucapnya.

http://industri.kontan.co.id/v2/read/1313388723/75443/Cetak-ekspor-US-200-miliar-Indonesia-akan-balap-India-dan-Brazil

Sumber : KONTAN.CO.ID

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s