bbri @kedung badak toll … 120811

Marga Sarana lanjutkan Bogor Ring Road
Oleh Yanto Rachmat Iskandar
bisnis indonesia

Published On: 11 August 2011

BANDUNG: PT Marga Sarana Jabar segera merealisasikan pembangunan tol Bogor Ring Road seksi 2A Kedung Halang – Kedung Badak sepanjang 1,95 km.

Kepastian tersebut setelah amendemen Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Ruas Bogor Ring Road ditandatangani bersama Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada 8 Agustus 2011.

Direktur Keuangan Marga Sarana Jabar Darmawan Budi Roso menuturkan pembangunan seksi 2A sepanjang 1,95 km dengan nilai investasi sebesar Rp598 milyar diperkirakan akan berjalan mulai Oktober 2011 dengan masa pelaksanaan konstruksi selama 15 bulan dan diperkirakan mulai beroperasi pada April 2013 setelah melalui masa persiapan pengoperasian selama tiga bulan.

“Seksi sebelumnya (seksi 1) Sentul Selatan – Kedung Halang sepanjang 3,85 km dengan menelan biaya investasi sebesar Rp384 milyar telah beroperasi sejak November 2009, saat ini lalu lintas harian telah mencapai 25.000 kendaraan per hari,” jelasnya kepada Bisnis.

Adapun seksi selanjutnya yaitu seksi 2B Kedung Badak – Simpang Yasmin sepanjang 2 km dan seksi 3 Simpang Yasmin – Darmaga sepanjang 3,6 km yang merupakan bagian dari Ruas Bogor Ring Road (Sentul Selatan – Darmaga) sepanjang 11 km akan dilaksanakan pembangunannya setelah dievaluasi ulang kelayakannya.

Budi mengemukakan sindikasi perbankan untuk Bogor Ring Road (BRR) seksi 2A (Kedung Halang-Kedung Badak) tersebut adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BJB.

Menurut dia, pembiayaan sindikasi perbankan pada seksi 2A merupakan bagian dari pembiayaan seksi 1 dan 2. Pada proyek tersebut sindikasi perbankan memberikan pembiayaan maksimum sebesar 70% dari total investasi seksi 1 dan 2 dengan jumlah maksimum sebesar Rp1,05 triliun.

Kucuran investasi tersebut terbagi atas seksi 1 sebesar Rp250 milyar dan seksi 2 sebesar Rp800 milyar. Sedangkan sisanya sebesar 30% dari total investasi berasal dari ekuitas perusahaan.

Di dalam pelaksanaan pencairan pembiayaan sindikasi perbankan untuk seksi 2A, PT Marga Sarana Jabar akan mengamandemen perjanjian kredit terlebih dahulu, dengan mengubah lingkup seksi 2 menjadi seksi 2A dan 2B.

PT Marga Sarana Jabar merupakan perusahaan patungan PT Jasa Marga Tbk dan BUMD Jabar PT Jasa Sarana dengan komposisi saham 55% milik Jasa Marga, dan 45% Jasa Sarana.(ea)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s