solvabilitas bbri … 070711

Hingga akhir bulan lalu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk telah menyalurkan kredit sebesar Rp32 triliun kepada perusahaan berstatus badan usaha milik negara.

Direktur Bisnis dan Kelembagaan BRI Asmawi Syam mengatakan kredit sebesar Rp32 triliun itu merupakan bagian dari plafon kredit sebesar Rp54 triliun hingga akhir tahun ini.

Dia mengatakan penyaluran kredit itu paling besar ke sektor infrastruktur, kelistrikan, serta minyak dan gas.

“Ada juga kredit ke sektor telekomunikasi, jalan tol, kontraktor, dan pangan,“ ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN kemarin.

Dia mengatakan penyaluran kredit ke perusahaan berstatus BUMN cukup baik, melihat rencana pengembangan bisnis perusahaan pelat merah itu sudah jelas.

Rancangan anggaran belanja modal (capex) tahunan juga telah disiapkan, sehingga memudahkan perbankan untuk mencairkan pinjaman.

“Selain itu, pemberian kredit kepada sesama perusahaan BUMN juga dalam rangka peningkatan sinergi antar-BUMN,“ tegasnya.

Saat disinggung tentang kredit yang belum tersalurkan (undisbursed loan), Asmawi mengatakan tidak dapat menggolongkan kredit investasi bagi BUMN sebagai bagian dalam kredit tak tersalurkan.

“Kalau kredit investasi, memang banyak yang belum tercairkan karena proyeknya belum berjalan. Pencairan kredit ini kan sesuai dengan kebutuhan proyeknya, kecuali jika itu kredit modal kerja,“ jelasnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, bank pelat merah itu ingin menjaga pertumbuhan kredit sebesar 20%-25% sampai 3 tahun ke depan.

Corporate Secretary BRI Muhammad Ali mengatakan pertumbuhan itu dipatok pada level konservatif dengan mempertimbangkan asumsi makro ke depan.

Dia menyebutkan target tersebut mengacu dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan pada kisaran 6,1%-6,4% dan inflasi 4,9%-5,3%.

“Target pertumbuhan itu sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Meski target kami konservatif, dalam pelaksanaan bisa melampaui,“ katanya beberapa waktu lalu

Sumber : BISNIS INDONESIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s