kesukarelaan dan kewajiban DANA CADANGAN bank … 270611

JAKARTA–MICOM: Bank-bank yang dianggap penting untuk stabilitas keuangan global akan diwajibkan untuk menyimpan modal tambahan pada neraca mereka untuk melindungi mereka dan perekonomian global dari krisis finansial, di bawah aturan-aturan baru yang diusulkan pada Sabtu (25/6).

Para pemimpin bank sentral sedunia telah mengusulkan aturan-aturan yang akan mewajibkan bank-bank besar dunia untuk menyimpan tambahan 1 persen hingga 2.5 persen dari modal pada neraca mereka, bergantung pada besarannya. Tujuan dari mewajibkan pencadangan uang yang lebih besar ini adalah untuk mencegah goncangan berikutnya pada sistem keuangan dunia seperti yang terjadi pada 2008 ketika Lehman Brothers mengalami kehancuran.

Aturan-aturan ini diajukan oleh Group of Governors dan Ketua-Ketua Pengawasan, bagian badan pengawasan dari Komite Basel pada organisasi Pengawasan Perbankan (Banking Supervision). Komite ini adalah bagian dari Bank for International Settlements, payung organisasi untuk bank-bank sentral dunia.

Pencadangan uang yang akan diwajibkan untuk bank-bank besar dunia merupakan tambahan dari syarat yang telah ada sebelumnya. Yakni, semua bank menyimpan 7 persen dari aset mereka untuk dicadangkan.

Pihak Group of Governors menyatakan pada pernyataan pada Sabtu bahwa kewajiban-kewajiban yang diusulkan akan menghalangi bank-bank untuk menjadi sangat besar di mana pada saat mereka jatuh akan mengacaukan stabilitas sistem finansial dunia.

“Ini akan berkontribusi untuk meningkatkan resiliensi dari sistem perbankan dan membantu mengurangi melebarnya efek samping resiko dari bank-bank penting sistemik global” kata Jean-Claude Trichet, Presiden Bank Sentral Eropa serta Ketua Group of Governors. Bank-bank mempunyai waktu tiga tahun, dari awal 2016 hingga akhir 2018 untuk melaksanakan kewajiban baru tersebut.

Group of Governors juga setuju pada metode untuk menentukan bank-bank yang penting bagi sistem perbankan, namun tidak diberitahu detail nya. Grup tersebut menyatakan paket rekomendasi tersebut akan diumumkan mendekati akhir bulan Juli. (*/OL-11)

Sumber : MEDIA INDONESIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s