UTANG indon: JANGAN bangga … 020611

Rabu, 01/06/2011 21:27 WIB
Soal Utang, RI Tak Mau Ikut Jejak Eropa
Ramdhania El Hida – detikFinance

Jakarta – Pemerintah Indonesia memang masih memerlukan utang untuk membiayai anggaran negara. Tapi pemerintah berjanji tak akan mengikut jejak negara-negara Eropa seperti Yunani yang saat ini terjerat utang yang kronis.

Demikian disampaikan Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (1/6/2011).

“Yunani ngutang-ngutang terus akhirnya kerepotan sendiri. Eropa sudah kasih contoh jelek, jadi jangan kita ikutinlah,” tegasnya.

Bambang yakin meski hanya sedikit berutang, tetapi pertumbuhan ekonomi Inodnesia dapat terus berjalan. “Kita jangan nol, ada defisit tapi pada batas aman dan bisa pertumbuhan,” jelasnya.

Menurut Bambang, cara terbaik untuk mempercepat pertumbuhan adalah dengan percepatan pembangunan infrastruktur yang tidak dibiayai dengan penambahan defisit, melainkan mengalokasikan anggaran yang besar untuk infrastruktur dan tidak menghabiskannya hanya untuk biaya subsidi.

“Paling penting itu infrastruktur, hambatan dalam distribusi harus diperbaiki. Ya harus defisit, defisit ini kan akumulasi utang kan. Sebaiknya harus ditambah (anggaran infrastruktur), makanya kalau subsidi bisa diarahkan untuk infrastruktur akan lebih bagus,” pungkasnya.

Anggaran negara diprediksi akan mengalami defisit 1,8% dari PDB atau sekitar Rp 127,5 triliun di tahun 2011. Untuk menutupinya, pemerintah bakal berutang sebanyak Rp 126 triliun, atau berarti meningkat dari utang di 2010 yang mencapai Rp 86,6 triliun.

Total utang pemerintah Indonesia hingga April 2011 mencapai Rp 1.697,44 triliun. Dalam sebulan utang pemerintah naik Rp 2,81 triliun dibanding Maret 2011 yang mencapai Rp 1.694,63 triliun.

(nia/dnl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s