inflasi MUSUH ber$4m4, mayBE … 300511

Jumat, 27/05/2011 13:17 WIB
Emas dan Pertamax Jadi Ancaman Inflasi Mei
Ramdhania El Hida – detikFinance

Jakarta – Kenaikan harga perhiasan emas dan BBM Pertamax berpotensi menyumbang inflasi pada Mei 2010. Meskipun Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pada bulan Mei masih berpotensi terjadinya deflasi.

Menurut Kepala BPS Rusman Heriawan kenaikan harga Pertamax dan harga emas perhiasan berpotensi memberikan sumbangan inflasi, tetapi tidak signfikan mengingat porsi kedua komoditas tersebut sangat kecil dalam perhitungan inflasi.

“Yang perlu kita lihat mungkin ada sedikit dari Pertamax memang sudah ada naik kan. Tapi karena bobotnya kecil sekali apalagi sekarang migrasi lagi kan jadi gak terlalu keras juga di dalam perhitungan inflasi kita, kemudian perhiasan juga kurang termasuk tapi masih cukup tinggi,” ujarnya saat ditemui di JCC, Jumat (27/5/2011).

Sementara itu dalam kelompok harga kebutuhan pokok masyarakat, potensi inflasi bisa disumbang dari adanya tren kenaikan harga beras meski hanya sedikit. Beberapa kebutuhan pokok lainnya seperti gula juga bisa menjadi penyumbang inflasi Mei.

“Sampai minggu terakhir ini beras mulai agak naik sedikit tapi tidak signifikan, itu beras dan gula, itu untuk bahan pokok, kalau yang lain masih konsisten turun terus. Bulan Mei akan ada sumbangan inflasi dari beras dan gula pasir,” ujar Rusman.

Ia juga mengatakan selain ada potensi inflasi juga ada peluang terjadi lagi deflasi, meskipun tidak akan lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Hal tersebut ditopang harga pangan lainnya yang cenderung turun.

“Kesimpulan akhirnya, potensi deflasi masih sangat besar walaupun mungkin lebih kecil potensinya dibanding bulan lalu, tapi potensinya ada. Cabe merah saja harganya terjun bebas. Yang jelaskan kalau kemarin 0,31 persen sebelumnnya 0,32 persen kalau sekarang kan di bawah itu, tapi saya belum bisa pastikan karena belum saya hitung,” pungkasnya.

(nia/hen)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s