caddev @$116,5 M … 270511

saat cadangan devisa naek, ihsg JUGA

Bank Indonesia (BI) kembali mengungkapkan kenaikan cadangan devisa yang cukup besar. Dalam dua pekan cadangan devisa RI meningkat US$ 1 miliar, dari US$ 115,8 miliar per 6 Mei 2011 menjadi US$ 116,5 miliar per 20 Mei 2011.

“Cadangan devisa kita per 20 Mei 2011 itu US$ 116,5 miliar,” ujar Gubernur BI Darmin Nasution ketika ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (27/5/2011).

Menurut Darmin, faktor yang menyebabkan menggelembungnya cadangan devisa dikarenakan capital inflow yang cukup besar ke Indonesia. Hal ini, sambungnya mempengaruhi nilai tukar rupiah juga.

“Rupiah memang sempat kemarin ini kan ada banyak hal yang memengaruhi itu. Gunjang-ganjing Eropa, kecenderungan regional, dan macam-macam tetapi jangan terlalu terpengaruh dengan kejadian 1-2 hari,” kata Darmin.

“Tendensinya masih sama. Tekanannya masih ke arah rupiahnya menguat walaupun mungkin tidak sekuat pada bulan-bulan lalu,” imbuh mantan Dirjen Pajak ini.

BI sendiri, lanjut Darmin juga terus mewaspadai adanya pembalikkan alias sudden reversal dengan derasnya inflow yang saat ini masuk.

“Kita selalu mencoba mengikuti itu. Itu kan terjadi kalau nanti misalnya terjadi ada macam-macam sih kemungkinannya. Kalau ada krisis bagian dunia tertentu yang diperkirakan memengaruhi perekonomian dunia,” tuturnya.

Kalau ekonomi Eropa, AS makin bagus, Darmin menambahkan ekonomi Asia tidak lebih bagus juga bisa terjadi. “Tetapi pada intinya tidak usah terlalu risau. kita sudah mempersiapkan untuk itu (sudden reversal),” tukasnya.

Sumber: detikcom

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s