Indonesia LEBE NGEBU+ … 240511

Indonesia Harus Manfaatkan Melambatnya Ekonomi Dunia
Selasa, 24 Mei 2011 | 11:45
investor daily
JAKARTA- Pengamat ekonomi, Irfan Kurniawan memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Asia akan melambat, karena raksasa ekonomi dunia, Tiongkok berusaha mengetatkan likuiditasnya dalam upaya menahan pertumbuhan ekonomi yang makin tinggi sehingga Indonesia harus mengambil manfaat.

“Hal ini terlihat dari data manufaktur Tiongkok yang terus mengalami penurunan, meski diperkirakan hanya bersifat sementara,” kata Irfan Kurniawan yang juga analis PT First Asia Capital di Jakarta, Selasa.

Ia menilai, Tiongkok merupakan motor penggerak ekonomi dunia menyingkirkan negara Adikuasa, Amerika Serikat dan kawasan Eropa yang saat ini dilanda krisis utang. “Namun tingginya pertumbuhan ekonomi Tiongkok menimbulkan kekhawatiran akan terjadi inflasi yang tinggi di negara tirai bambu itu,” katanya.

Menurut dia, masih belum tumbuhnya ekonomi AS dan kawasan Eropa sebenarnya menimbulkan keuntungan bagi Asia terutama Indonesia, karena investor asing akan lebih suka masuk ke pasar domestik.

“Selain ekonominya yang terus tumbuh juga tingkat suku bunga acuannya saat ini cukup tinggi jauh dibanding suku bunga AS dan Jepang,” ucapnya.

Namun, lanjut dia, krisis di Jepang akibat pertumbuhan ekonominya dalam dua kuartal mengalami penurunan dan data manufaktur Tiongkok yang melemah, menimbulkan kekhawatiran atas ekonomi Asia.

“Kami optimistis pelambatan ekonomi yang terjadi di kedua negara itu hanya sementara,” ujarnya.

Namun, kata dia, ekonomi Indonesia masih tetap positif, apalagi pemerintah akan meningkatkan pengeluaran belanja modalnya dalam upaya mendorong ekonomi tumbuh lebih besar.

“Pemerintah perlu meningkatkan belanja modal yang sebelumnya hanya 6,8% meningkat menjadi 15 % dari total anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN),” katanya. (ant/gor)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s