rupiaaa(8500an)aah … 010511

Edwin Sinaga: Kenaikan Rupiah Terlalu Cepat Kurang Menguntungkan
Jumat, 29 April 2011 | 14:54
investor daily

JAKARTA- Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga menilai kenaikan rupiah terlalu cepat sehingga situasi ini kurang menguntungkan bagi produk-produk Indonesia di pasar ekspor.

Disatu sisi kenaikan rupiah yang hampir mencapai level Rp8.500 per dolar memang menguntungkan bagi anggaran pemerintah dalam upaya memberikan subsidi terhadap bahan bakar minyak, katanya yang juga Direktur Utama PT Finan Corpindo Nusa di Jakarta, Jumat (29/4).

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mencapai Rp8.557 naik dibanding hari sebelumnya Rp8.625 per dolar AS.

Edwin Sinaga mengatakan, kenaikan harga minyak mentah dunia yang di atas US$100 per barel memang akan menekan anggaran pemerintah, namun menguatnya rupiah maka tekanan terhadap anggaran tidak terlalu besar.

Harga minyak mentah dunia naik , karena sejumlah negara pengekspor minyak mengurangi produksi akibat berbagai masalah yang terjadi di dalam negeri, katanya.

Menurut dia, faktor utama yang mendorong harga minyak mentah dunia naik, karena berkurangnya cadangan minyak Amerika Serikat dan meningkatnya permintaan konsumen pada musim dingin.

“Kami harapkan kenaikan harga minyak tidak akan berlanjut apabila Negara-Negara Pengekspor Minyak dunia (OPEC) meningkatkan pagu produksinya,” katanya.

Ia mengatakan, rupiah apabila mampu mencapai Rp8.500 per dolar, maka para eksportir akan meminta Bank Indonesia (BI) untuk masuk pasar menekan mata uang lokal itu.

BI juga akan melihat faktor positif yang mendorong rupiah, apabila faktor positif sangat kuat maka pergerakan akan dibiarkan tergantung pasar.

Namun apabila faktor positif tidak terlalu kuat, maka BI akan masuk dan melepas rupiah agar kenaikannya tidak begitu cepat, tuturnya.

“Kami optimis rupiah masih dapat bergerak naik, karena faktor positif masih kuat yang mendorong pelaku pasar kembali membeli rupiah, ” ucapnya.(ant/hrb)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s