RESMI RUPS: dividenbbri@70,04: 290411

Rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyetujui pembagian dividen sebesar Rp2,294 triliun atau 20% dari laba bersih 2010 sebesar Rp11, 47 triliun.

Dividend pay out ratio BRI sebesar 20% tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 30%. ”Pembagian dividen tersebut belum sesuai keinginan kami sebesar 10%, tetapi kami sangat memahami dan berterima kasih sudah turun jauh dari 30% menjadi 20%,”ujar Direktur Utama BRI Sofyan Basir seusai RUPS Tahunan di Jakarta kemarin. Sofyan mengatakan, dari total dividen Rp2,294 triliun, sebesar Rp556 miliar telah dibayarkan pada 30 Desember 2010 sebagai dividen interim.

Sisanya Rp1,72 triliun atau Rp70,04 per lembar saham akan dibagikan sebagai dividen tunai. Menurut Sofyan,pemegang saham juga menyetujui alokasi penggunaan laba BRI pada 2010 yang sebesar Rp11,47 triliun, sebesar 2,5% atau Rp286,8 miliar digunakan untuk cadangan guna mendukung investasi. Pemegang saham juga memberikan wewenang kepada pemegang saham Seri A Dwi Warna, dalam hal ini Republik Indonesia,untuk menentukan besaran laba bersih untuk program kemitraan bina lingkungan 4% atau Rp458,89 miliar.

Dengan pembagian laba bersih tersebut, laba ditahan BRI menjadi minimal 73,5% dari total laba bersih, atau sebesar Rp8,43 triliun. ”Kalau tantiem (bonus direksi dan komisaris), angkanya kami serahkan kepada pemegang saham dwiwarna (pemerintah),” kata Sofyan. Selain menyetujui penggunaan laba bersih 2010, pemegang saham juga menyetujui pergantian Direksi BRI yakni Bambang Supeno digantikan Randi Arto.

Dengan pergantian tersebut, saat ini susunan direksi BRI terdiri atas Direktur Utama Sofyan Basir, Direktur Sarwono Sudarto, Achmad Baiquni, Sulaiman A Arianto,A Toni Soetirto, Lenny Sugihat,Asmawi Syam, Suprajarto, Djarot Kusumayakti, dan Randi Anto. Sementara susunan dewan komisaris terdiri atas Komisaris Utama/ Independen Bunasor Sanim, Wakil Komisaris Utama Soedarjono, Komisaris Agus Suprijanto, Hermanto Siregar dan Heru Lelono,sementara Komisaris Independen Aviliani dan Adhyaksa Dault.

”RUPS juga menyetujui pembelian seluruh saham BRIngin Remitance Co Ltd (BRC) dari PT AJ BRIngin Jiwa Sejahtera. Pembelian saham BRC untuk meningkatkan fee based income dari bisnis remitansi di luar negeri,” papar Sofyan. Sementara itu, PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk (JSPT) akan membagikan dividen sebesar Rp18,5 miliar atau setara Rp8. Jumlah dividen tersebut merupakan 17% dari laba bersih 2010 sebesar Rp107 miliar.

Sementara sisa laba bersih 2010 perseroan yaitu sebesar Rp88,5 miliar akan digunakan untuk laba ditahan sebagai modal kerja. ”Dividen akan didistribusikan pada 16 Juni 2011,” ujar General Manager Financial Analyst JSPT, Anton Goenawan, sesuai RUPS,di Jakarta,kemarin. Menurutnya, dividen yang akan dibagikan tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp6 per saham atau senilai total Rp14 miliar.

Anton mengatakan, tahun ini perseroan akan meningkatkan lagi kinerja, dengan melakukan ekspansi pada sektor residensial dan juga penambahan budget hotel yang dimiliki. Saat ini perseroan telah memiliki dua budget hotel, yaitu diwilayah Menteng dan Cikini. Salah satu hotel yang diandalkan adalah Formule one. ”Nantinya akan kami tambah tiga budget hotel.Dua di Jakarta dan satu di Yogyakarta,” tuturnya.

Kebutuhan untuk investasi hotel, menurutnya sebesar USD3-4 juta,tergantung lokasi yang didapat. Kebutuhan investasi tersebut, menurutnya akan dipenuhi dari pinjaman bank dan sebagian kas internal. Saat ini, perseroan telah memiliki fasilitas pinjaman sebesar USD50 juta dari Bank NISP. Dari fasilitas tersebut, baru digunakan 35-40%. Selain hotel,perseroan juga berencana menambah produk property dengan membangun residensial di Yogyakarta dan apartemen di Setiabudi.

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/395503

/Sumber : SEPUTAR INDONESIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s