bbri MELAJU, seh … 120411

IHSG Siap Melaju, Cermati Bank & Astra

Oleh: Asteria
Pasar Modal – Selasa, 12 April 2011 | 06:23 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Bursa saham Indonesia Selasa (12/4) masih berpotensi melanjutkan penguatan. Investor bisa mencermati saham perbankan dan grup Astra.

Yuganur Wijanarko, Analis dari HD Capital Securities mengatakan, arah IHSG hari ini masih positif, karena masih jauh dari psikologis support level. “Ini berarti, koreksi-koreksi kecil hanya dianggap teknikal,” katanya kepada INILAH.COM.

Menurutnya, saham-saham sektor perbankan dan Astra International (ASII) akan terus menjadi motor penggerak indeks. Saham sektor perbankan masih bisa naik karena ekspektasi turunnya price earning ratio (PER), akibat peraturan baru akuntansi menyebabkan earning perbankan naik, “Hal ini akan terefleksi pada laporan keuangan perbankan kuartal pertama 2011.”

Sementara saham Astra masih upside karena antisipasi laporan penjualan mobil Maret yang masih naik. Konsumen masih membeli mobil karena khawatir harga mobil naik pada semester dua 2011, akibat gangguan pasokan sparepart impor dari Jepang.

Di tengah situasi ini, Yuga merekomendasikan saham Bank Rakyat Indonesia (BBRI). Hal ini didukung laba perusahaan yang naik dan berlanjutnya ekspansi kredit karena penguasaan pangsa pasar yang kuat di sektor UKM. “Selain itu, sektor perbankan juga relatif kecil risikonya dengan yield-nya besar. PER masih 13 kali sedangkan bank bigcap lainnya sudah di atas 16 kali,”paparnya.

Adapun saham lain yang disarankan adalah Bakrie Sumatra (UNSP). Menurutnya, peningkatan laba yang cukup tajam, membuat PER-nya turun. Adapun peningkatan laba terjadi karena konsolidasi earning Domba Mas, pascaakuisisi.

Pada perdagangan Senin (11/4), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik tipis 4,027 poin (0,10%) ke level 3.745,838. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia didukung volume transaksi sebesar 4,390 miliar lembar saham, senilai Rp 4,901 triliun dan frekuensi 118.848 kali.

Sebanyak 97 saham naik, 118 saham turun, dan 110 saham stagnan. Apresiasi IHSG didukung aksi beli asing yang mencatatkan nilai transaksi beli bersih (net foreign buy) sebesar Rp222 miliar, Rinciannya adalah nilai transaksi beli mencapai Rp1,656 triliun dan transaksi jual mencapai Rp1,433 triliun. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s