peringkat indon, baru BB+ … 080411

Lembaga S&P Naikan Rating Indonesia Jadi BB+

Oleh: Wahid Ma’ruf
Ekonomi – Jumat, 8 April 2011 | 13:48 WIB

INILAH.COM, Singapura – Lembaga rating Standar & Poor menaikkan peringkat Indonesia dari BB menjadi BB+ dengan outlook tetap positif.

“Kenaikan peringkat ini mencerminkan perbaikan dalam neraca pemerintah dan likuiditas eksternal dengan kinerja ekonomi yang baik serta pengelolaan fiskal yang hati-hati,” kata analis S&P, Agost Benard di Singapura, Jumat (8/4) yang dikutip dari finance.yahoo.com.

Peringkat Indonesia, lanjutnya, masih terhambat oleh pendapatan perkapita yang masih rendah. Demikian juga dengan hambatan kelembagaan dan struktur pertumbuhan ekonomi masih tinggi. Inflasi juga relatif tinggi. Indonesia juga dinilai masih rentan terhadap guncangan eksternal karena kapasitas pasar modal yang masih terbatas. Walaupun risiko tersebut sudah mulai berkurang.

Faktor yang mendasari kenaikan rating Indonesia adalah membaiknya neraca perdagangan. Surplus fiskal primer dengan beban utang yang sabil telah mengurangi rasio utang. Hal ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi melebihi tingkat suku bunga riil. Selain itu juga didorong hasil privatisasi dan apresiasi mata uang rupiah.

Demikian juga dengan surplus neraca pembayaran yang berkelanjutan telah meningkatkan cadangan devisa yang setara dengan enam bulan impor. Risiko likuiditas eksternal Indonesia menurun dibandingkan dengan negara tetangga.

Kenaikan peringkat Indonesia juga dibatasi oleh ketergantungan pada eksposur pendanaan eksternal. Ini mencerminkan posisi kewajiban bersih pembayaran eksternal relatif tinggi atau sekitar 100% dari penerimaan negara.

Pendapatan per kapita masih US$3.037 selama 6 tahun hingga 2010. Ini di bawah rata-rata untuk kategori BB. Kekurangan infrastruktur, ketidakpastian hukum, korupsi dan pasar tenaga kerja yang stagnan telah menjadi kendala pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s